DETAIL DOCUMENT
EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM BUS SUMBER RAHAYU JURUSAN KARTASURA – UNS DITINJAU DARI TINGKAT PELAYANAN DAN ASPEK EKONOMIS
Total View This Week12
Institusion
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Author
PUTRA, MANIK MADA
Subject
TA Civil Engineering 
Datestamp
2011-08-04 03:21:35 
Abstract :
Salah satu sarana untuk melayani aktifitas manusia adalah penyediaan fasilitas angkutan umum bus. Kinerja angkutan umum yang baik harus mampu menghasilkan pelayanan yang efektif dan efisien, serta mampu memenuhi tuntutan penumpang dan kegiatan masyarakat. Tolak ukur yang digunakan adalah kecepatan perjalanan, waktu sirkulasi, faktor muat (load factor), waktu antara kendaraan, waktu tunggu, jumlah penumpang, tarif dan BOK (Biaya Operasi Kendaraan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja bus yang meliputi kecepatan perjalanan, waktu sirkulasi, faktor muat (load factor), waktu antara (time headway), serta biaya operasional kendaraan dan tarif. Data yang digunakan terdiri dari data primer, yang berupa waktu tempuh, kapasitas angkutan, jumlah penumpang, waktu henti naik turun penumpang, dan waktu henti di terminal. Serta data sekunder, yang berupa komponen BOK, rute angkutan, jumlah angkutan, tarif, jarak trayek serta peta rute. Pengumpulan data primer dilakukan pada hari Senin 24 April 2006, Selasa 25 April 2006 dan Sabtu 29 April 2006 sedangkan data sekunder dilakukan pada Tanggal 04 Mei 2006. Setelah data lengkap, dilakukan analisa perhitungan yang meliputi kecepatan perjalanan, waktu sirkulasi, avaibility, jumlah penumpang, faktor muat (load factor), waktu antara kendaraan (time headway), tarif dan BOK (Biaya Operasi Kendaraan). Hasil analisa menunjukkan bahwa kinerja Bus Sumber Rahayu berdasarkan faktor pelayanan secara umum sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kecepatan bus 20,849 km/jam dan 20,850 km/jam untuk masing-masing rute, waktu sirkulasi 122,62 menit, nilai Avaibility 80-90%, load factor rata-rata di lapangan 21%, time headway rata-rata 8,58 menit, jumlah kendaraan khusus untuk bus Sumber Rahayu berdasarkan kondisi di lapangan adalah 13 kendaraan, sedangkan menurut evaluasi 3 kendaraan, BOK bus Sumber Rahayu sebesar Rp. 1.570,10 /bus-km. Berdasarkan load factor 70% sebesar Rp. 1.945,37 /bus-km, dan tarif berdasarkan load factor 21 % di lapangan diperoleh Rp. 6.808,75/bus- km, tarif di lapangan sebesar Rp. 2.000 . Hasil ini menunjukan bahwa secara umum pihak operator rugi, Hal ini disebabkan karena kecilnya nilai load factor PO. Sumber Rahayu.  
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Surakarta