Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 31 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: prestasi belajar matematika sebelum menggunakan strategi jigsaw learning 8 siswa atau 25,81 %
dengan dampak mengiring berani tampil di depan kelas 4 siswa, aktif menyelesaikan soal 4 siswa, kepercayaan diri 2 siswa, kemampuan menyelesaikan soal 3 siswa, dan menangkap masalah sebagai tanggapan tidak ada, setelah tindakan dengan
menggunakan strategi jigsaw learning prestasinya meningkat menjadi 29 siswa atau 93,55 %., sedangkan dampak pengiringnya berani tampil di depan kelas 19 siswa, aktif menyelesaikan soal 20 siswa, kepercayaan diri 22 siswa, kemampuan menyelesaikan soal 18 siswa, dan menangkap masalah sebagai tanggapan 17 siswa Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran berbasis
masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dengan materi ukuran pemusatan data siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten semester 1 tahun pelajaaran 2010 2011.