Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Discovery and Inquiry dan Scramble terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2010/ 2011 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel
penelitian ini diambil siswa dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan
metode angket untuk variabel motivasi belajar dan metode tes untuk variabel
prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 jalan dengan
frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakan adalah metode Scheffe. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar siswa yang dikenai model
pembelajaran Discovery and Inquiry lebih baik dari pada prestasi belajar siswa
yang dikenai model pembelajaran Scramble, dengan harga statistik uji FA > Ftabel,
yaitu 5,045 > 4,020 dan rata-rata nilai prestasi belajar dari siswa yang dikenai
model pembelajaran Discovery and Inquiry lebih besar dari model Scramble,
yaitu 66,53 > 59,87. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar matematika siswa, dengan harga statistik uji Fb > Ftabel, yaitu 9,730
> 3,168. (3) Tidak ada efek interaksi antara model pembelajaran Discovery and
Inquiry dan model pembelajaran Scramble ditinjau dari motivasi belajar siswa
terhadap prestasi belajar, dengan harga statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,523 <
3,168.