Abstract :
Penelitian ditujukan untuk mendeskripsikan : 1) Karakteristik warga belajar
Kejar Paket C; 2) Manajeman pembelajaran Kejar Paket C; 3) Peran tutor dalam
mendukung manajemen pembelajaran Kejar Paket C dan peran pengelola dalam
mendukung manajemen pembelajaran Kejar Paket C di PKBM Sidoharjo dan PKBM
Slogohimo Kabupaten Wonogiri.
Subjek penelitian diambil dengan teknik cuplikan purposive sampling pada
warga belajar, pengelola PKBM dan tutor, metode pengumpulan data dengan
wawancara, observasi dan pencatatan dokumen untuk mendapatkan data yang akurat.
Wawancara, observasi digunakan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel
sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap, kemudian melakukan
analisis data dengan teknik analisis antar kasus (cross-site analysis) dengan
menggunakan model analisis interaktif. Keabsahan data mengunakan triangulasi dan
review informan. Setelah pengumpulan data lalu meneliti ceritera yang sistematik,
merekap hasil wawancara baik melalui angket tertulis maupun rekaman dan
pengambilan gambar-gambar (foto) pada waktu data terakhir didapatkan. Langkah
selanjutnya peneliti mencoba membuat kesimpulan yang menarik.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; (1) Karakteristik warga belajar; (a)
usia tergolong orang dewasa, (b) pendidikan warga belajar dari Kejar Paket B, SLTP/
MTs , droup out SMA, (c) latar belakang ekonomi orang tua kurang mampu, (d)
warga belajar sudah bekerja baik di sektor formal maupun non formal, (2)
Manajemen pembelajaran terbagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi/ penilaian pembelajaran; (a)
Perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran Kejar Paket C yang dilakukan
tutor adalah menentukan tujuan pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran, bahan
pelajaran, kegiatan pembelajaran, metode, media, sumber dan evaluasi, (b)
Pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pembelajaran Kejar Paket C di
PKBM Sidoharjo dan PKBM Slogohimo terdiri dari tiga tahapan yaitu pendahuluan,
tahap penyajian inti dan tahap penutup, (c) Evaluasi pembelajaran. Evaluasi yang
dilakukan di PKBM Sidoharjo dan PKBM Slogohimo dilakukan setiap akhir pokok
bahasan. Hasil evaluasi digunakan sebagai umpan balik kepentingan pembelajaran;
(3) Peran tutor PKBM Sidoharjo maupun PKBM Slogohimo sebagai fasilitator belum
maksimal, sehingga dalam melaksanakan pembelajara di kelas masih menerapkan
pembelajaran konvensional, pendekatan pembelajaran andragogi belum diterapkan
sepenuhnya; (4) Peran pengelola dalam mendukung manajemen pembelajaran Kejar
Paket C masih sangat minim terutama dalam menyediakan sarana belajar antara lain
buku/ modul, media belajar dan tempat belajar.