Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) implementasi nilai-nilai
TQM pada Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten
Sukoharjo; 2) keberhasilan Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan
Kabupaten Sukoharjo dalam mengimplementasikan nilai-nilai TQM; dan 3)
Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pengimplementasian nilai-nilai
TQM pada Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo
dan solusi yang dilakukan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian
dilakukan di Subdin TK, SD, dan SLB pada Dinas Pendidikan Kabupaten
Sukoharjo. Fokus penelitian ditekankan pada implementasi nilai-nilai TQM.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan
kuesioner tentang kepuasan pelanggan. Validitas data dilakukan dengan
menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan teknik interaktif.
Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai TQM pada
Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo mencakup
lima aspek, yaitu fokus pada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran, komitmen
dan perbaikan yang dilakukan secara terus menerus. Kelima aspek tersebut
diimplementasikan dengan mengacu pada lima pilar keyakina n dan nilai -nilai
kualitas pendidikan; 2) Keberhasilan Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas
Pendidikan Kabupaten Sukoharjo dalam mengimplementasikan nilai -nilai TQM
dilihat dari pengukuran tingkat kepuasan pelanggan dan evaluasi kinerja Subdin
TK, SD, dan SLB Dinas Kabupaten . Berdasarkan pengukuran kepuasan
pelanggan, implementasi nilai -nilai TQM kurang memuaskan pada beberapa
aspek tertentu, sedangkan berdasarkan ketercapaian program cukup memuaskan ;
dan 3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pengimplementasian nilai -
nilai TQM pada Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten
Sukoharjo berupa permasalahan SDM, dana, koordinasi dan peraturan yang selalu
berubah. Solusi yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas SDM melalui
penataran, mengadakan dana talangan dan meningkatkan koordinasi