Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengelolaan sekolah
yang mengacu pada Sekolah Standar Nasional (SSN) di SMP Negeri 2 Cepu dalam
rangka implementasi otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan 2) upaya-upaya
yang dilakukan untuk memperbaiki pengelolaan sekolah berdasarkan Sekolah
Standar Nasional (SSN) di SMP Negeri 2 Cepu.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
adalah berupa lembaga, yaitu SMP Negeri 2 Cepu dengan fokus penelitian berupa
pengelolaan sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode
observasi, wawancara, kuesioner dan dokumen. Validitas data dilakukan dengan
menggunakan triangulasi data, member check, penyusunan data base, dan
penyusunan bukti mata rantai penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan
analisis kualitatif dengan komponen terdiri dari reduksi data (data reduction),
penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan: 1) Pengelolaan
sekolah berdasarkan Sekolah Standar Nasional (SSN) pada SMP N 2 Cepu
ditekankan pada lima aspek, yaitu pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah
(MBS) secara konsisten, pengembangan inovasi pembelajaran, penciptaan
komunitas belajar di sekolah, pengembangan profesionalisme guru, dan
penggalangan dukungan masyarakat. Konsistensi pelaksanaan MBS ditunjukkan
dengan adanya transparansi pengelolaan dana, tingginya partisipasi masyarakat,
akuntabilitas dan selalu dilakukannya perbaikan secara terus menerus.
Pengembangan dalam inovasi pembelajaran sebagai salah satu fokus dalam
pengelolaan sekolah berdasarkan SSN dilakukan secara konsisten oleh setiap guru
mata pelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme; 2) Hasil-hasil
yang dicapai dalam pengelolaan sekolah berdasarkan Sekolah Standar Nasional
(SSN) diukur berdasarkan output yang dihasilkan, yaitu berupa prestasi siswa,
prestasi guru dan kepala sekolah, serta prestasi sekolah. Prestasi siswa dalam
bidang akademik yang meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya,
menunjukkan bahwa pengelolaan sekolah berdasarkan Sekolah Standar Nasional
(SSN) di SMP N 2 Cepu sudah menunjukkan hasil yang riil.