Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi
nilai-nilai TQM yang telah di internalisasikan di MTs Negeri Surakarta II.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah kualitatif, dengan subyek
penelitian kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa. Metode yang digunakan
untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk
mengukur validitas data dilakukan dengan triangulasi, member check,
penyusunan data base, dan penyusunan mata rantai bukti penelitian. Sedangkan
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, pengambilan
kesimpulan.
Penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai TQM yang ada di
MTsN Surakarta II pada umumnya sudah cukup baik dari beberapa nilai TQM
tersebut sudah diterapkan.
Hal-hal yang menghambat adanya penerapan nilai-nilai TQM di MTsN
Surakarta II adalah peran wali murid, komite sekolah dan sumber daya manusia
yang belum maksimal, penghargaan kepada guru dan karyawan yang
berprestasi belum terealisasi.
Faktor yang mendukung terletak pada kepemimpinan yang demokratis,
dan peningkatan mutu pendidikan yang terus menerus.
Upaya yang dilakukan sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan
adalah dengan cara mensosialisasikan visi dan misi kepada setiap warga
sekolah untuk selalu menjaga sikap dan perilaku, berusaha mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi agar siswa dan warga sekolah tidak mengalami
gagap teknologi, mensosialisasikan nuansa keagamaan di sekolah sehingga
dapat tercipta kerukunan, kebersamaan dan saling menghormati dan
menghargai, mengembangkan kedisiplinan siswa dan warga sekolah agar
terbiasa untuk hidup teratur dalam segala hal dan berakhlak yang mulia.