Institusion
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Author
HASTUTI , ENDANG RAHAYU MUDI
Subject
L Education (General)
Datestamp
2010-11-15 09:06:18
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kompetensi kepala
ah terhadap kinerja guru, pengaruh jenis kelamin kepala sekolah terhadap kinerja
pengaruh manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh iklim sekolah
dap kinerja guru, pengaruh kompetensi kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap
a guru di SD Negeri di Kecamatan Ampel.
Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif (Quantitative approach), yang
hasilkan data statistik dan analisis deskriptif. Data penelitian diperoleh dari : 1)
et yang diisi oleh guru dan kepala sekolah, 2) informan (kepala sekolah senior dan
senior), 3) dokumen dan arsip. Terdapat 4 variabel bebas dalam penelitian ini yaitu
abel kompetensi kepala sekolah (X1), variabel jenis kelamin kepala sekolah (X2),
ariabel iklim sekolah (X4), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah
a guru (Y).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
ggunaan instrument kuesioner/angket yang telah dikaji dan dikembangkan
sarkan validasi pakar dan validasi logika serta berdasarkanliteratur. Sedangkan
is data menggunakan Uji T, Uji Regresi, Uji F, kontingensi serta mencari
angan efektif.
Hasil penelititan menunjukkan bahwa ada pengaruh positif kompetensi kepala
ah terhadap kinerja guru, tidak ada pengaruh antara perbedaan jenis kelamin
a sekolah terhadap kinerja guru, ada pengaruh positif antara pola manajerial kepala
ah dengan kinerja guru dan ada pengaruh positif antara iklim sekolah dengan
ja guru serta ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi kepala sekolah, pola
jerial kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru
Negeri di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali (didapat F hitung 59,904 pada
signifkasi (p) 0,001, serta R Square 0,737.
Adapun besarnya varians kenerja guru yang dipengaruhi dan ditentukan oleh
etensi kepala sekolah adalah 4,4%, besarnya varians kenerja guru yang
garuhi oleh pola manajerial kepala sekolah adalah 67,2%, besarnya varians kinerja
yang dipengaruhi oleh iklim sekolah adalah 2,1%. Sedang varians jenis kelamin
a sekolah tidak berpengaruh secara signifikant terhadap kinerja kinerja guru.
Berdasarkan hasil penelitan peneliti sarankan kepada Dinas Diknas Kab.
lali mengadakan uji kompetensi bagi calon kepala sekolah. Kepala sekolah SD
bisa memanaj SDnya secara optimal dan maksimal, untuk stakeholders
ngkatkan peran sertanya dalam penciptaan iklim sekolah yang kondusif. Para
ambil kebijakan dalam penentuan promosi tidak memandang jenis kelamin.