DETAIL DOCUMENT
PENILAIAN SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP JASA PERBANKAN SYARI’AH DI KOTA SURAKARTA
Total View This Week6
Institusion
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Author
Wibowo, Muladi
Subject
HD28 Management 
Datestamp
2010-11-15 06:58:32 
Abstract :
Penelitian ini berjudul Penilaian Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Jasa Perbankan Syari’ah di Kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis konsistensi sikap konsumen (nasabah) terhadap keyakinan yang ideal terhadap jasa layanan di perbankan syari’ah di Kota Surakarta dan untuk mengukur nilai perilaku konsumen terhadap keyakinan normatif dan motivasi konsumen untuk menggunakan jasa layanan perbankan syari’ah di Kota Surakarta. Sampel diambil dengan metode sampling sistematis (systematic/quasi random sampling) yang terdiri dari 160 responden. Analisis data menggunakan metode pengolahan data dengan model sikap dan perilaku dari Fishbein terhadap nilai total sikap konsumen terhadap jasa layanan perbankan syari’ah (AB) dan nilai perilaku konsumen terhadap jasa layanan perbankan syari’ah (B). Berdasarkan hasil analisis data ; pertama, nilai sikap konsumen (nasabah) terhadap jasa layanan di perbankan syari’ah di kota Surakarta adalah mendekati baik. Artinya bahwa nasabah memiliki preferensi yang cukup baik terhadap keyakinan bahwa atribut-atribut yang ideal bank syari’ah telah diterapkan/dioperasional di bank syari’ah di kota Surakarta. Kedua, Hasil hipotesis juga menunjukan bahwa nilai perilaku konsumen terhadap pengetahuan akan keyakinan normatif cukup positif dalam memberikan motivasi kepada konsumen untuk menggunakan jasa layanan di perbankan syari’ah di Kota Surakarta.  
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Surakarta