Abstract :
Penelitian ini berjudul Penilaian Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Jasa
Perbankan Syari’ah di Kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis
konsistensi sikap konsumen (nasabah) terhadap keyakinan yang ideal terhadap jasa
layanan di perbankan syari’ah di Kota Surakarta dan untuk mengukur nilai perilaku
konsumen terhadap keyakinan normatif dan motivasi konsumen untuk menggunakan
jasa layanan perbankan syari’ah di Kota Surakarta.
Sampel diambil dengan metode sampling sistematis (systematic/quasi random
sampling) yang terdiri dari 160 responden. Analisis data menggunakan metode
pengolahan data dengan model sikap dan perilaku dari Fishbein terhadap nilai total
sikap konsumen terhadap jasa layanan perbankan syari’ah (AB) dan nilai perilaku
konsumen terhadap jasa layanan perbankan syari’ah (B).
Berdasarkan hasil analisis data ; pertama, nilai sikap konsumen (nasabah) terhadap jasa
layanan di perbankan syari’ah di kota Surakarta adalah mendekati baik. Artinya bahwa
nasabah memiliki preferensi yang cukup baik terhadap keyakinan bahwa atribut-atribut
yang ideal bank syari’ah telah diterapkan/dioperasional di bank syari’ah di kota
Surakarta. Kedua, Hasil hipotesis juga menunjukan bahwa nilai perilaku konsumen
terhadap pengetahuan akan keyakinan normatif cukup positif dalam memberikan
motivasi kepada konsumen untuk menggunakan jasa layanan di perbankan syari’ah di
Kota Surakarta.