DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Eksperimentasi pada Siswa SMP Negeri 2 Gemolong Kelas VIII Semester Genap)
Total View This Week4
Institusion
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Author
YHUENI , ITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2010-11-14 18:55:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan media komputer dengan pemanfaatan Software Presentasi yaitu Macromedia Flash 8 dan Microsoft Power Point, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara media komputer dengan pemanfaatan Software Presentasi dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 2 Gemolong kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode Lavene Statistic untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang menggunakan media komputer dengan pemanfaatan software presentasi terhadap prestasi belajar siswa, dengan Fa = 5,058, (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan Fb = 3,540, dan (3) Tidak terdapat ada pengaruh interaksi yang signifikan pembelajaran yang menggunakan media komputer dengan pemanfaatan software presentasi dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,233.  
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Surakarta