DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC (COOPERA TIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah
Total View This Week3
Institusion
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Author
FITRIANA, SINTA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2010-11-14 18:01:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, (2) peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan segiempat dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran cooperatif tipe CIRC. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mampu dalam mengkonstrusikan soal cerita ke dalam model matematika sebelum tindakan sebesar 60,71%, dan di akhir tindakan mencapai 92,85%, 2) tepat dalam menggunakan rumus sebelum tindakan sebesar 28,57 % dan di akhir tindakan mencapai 92,85%, 3) tepat dalam proses perhitungan untuk mencari jawaban sebelum tindakan sebesar 14,28% dan di akhir tindakan mencapai 82,14%, serta 4) tepat dalam menginterpretasikan hasil jawaban ke masalah nyata sebelum tindakan sebesar 10,71% dan di akhir tindakan mencapai 60,71%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari banyak siswa yang mencapai KKM ≥ 55 sebelum tindakan sebesar 10,71% dan di akhir tindakan mencapai 92,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Surakarta