Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui sistem seleksi yang
dilakukan oleh Hotel Summer Banjarmasin Dalam Usaha Pengembangan sumber daya
manusia. (2) Untuk mengetahui sistem seleksi yang seharusnya dilakukan oleh Hotel Summer
Banjarmasin Dalam Usaha Pengembangan sumber daya manusia.
Hotel Summer Banjarmasin merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa salah
satu bisnis yang bergerak pada sektor jasa khususnya akomodasi, dimana segmen pasar yang
tertuju adalah para tamu yang akan datang dengan bermacam tujuan untuk beristirahat, urusan
bisnis, pariwisata, refresing dan lain sebagainya, hotel summer Banjarmasin yang berada di
Banjarmasin Jl.Veteran No.3, Gadang, Kec. Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70231.
Penelitian ini menggunakan metode survei kualitatif dengan menggunakan data primer
yang diperoleh dari wawancara, observasi, Data primer, dan data sekunder dalam
menjalankan kegiatannya selama ini dirasakan masih kurang sesuai dengan tujuan yang di
inginkan sehingga demi kelancaran pekerjaan perlu diadakan perbaikan-perbaikan.
Kegiatan yang dilakukan oleh hotel summer banjarmasin, dalam rangka mengarahkan
tenaga kerja yang baik dan kompeten masih kurang sesuai dengan prosedur yang berlaku,
tetapi sudah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Disamping itu motivasi terhadap
para pegawai jarang dilaksanakan, padahal kedua komponen tersebut merupakan suatu
rangkaian yang dapat memberikan pengaruh yang besar tehadap perkembangan SDM Hotel
Summer Banjarmasin. Sistem informasi manajemen kurang berjalan dengan baik, karena
belum lancarnya arus informasi dari atasan kepada bawahan ataupun sebaliknya, yang
mengakibatkan turunnya semangat kerja
This study aims to determine: (1) To determine the selection system carried out by Hotel
Summer Banjarmasin in human resource development efforts. (2) To find out the selection
system that should be carried out by Hotel Summer Banjarmasin in an effort to develop
human resources.
Hotel Summer Banjarmasin is a company engaged in services, one of the businesses
engaged in the service sector, especially accommodation, where the targeted market segment
is guests who will come with various purposes for resting, business affairs, tourism,
refreshing and so on, the Banjarmasin summer hotel which is located in Banjarmasin Jl.
Veteran No. 3, Gadang, Kec. Banjarmasin, South Kalimantan 70231.
This study uses a qualitative survey method using primary data obtained from
interviews, observations, primary data, and secondary data in carrying out its activities so far
2
it is felt that it is still not in accordance with the desired objectives so that for the smooth
running of the work it is necessary to make improvements.
Activities carried out by the Banjarmasin Summer Hotel, in order to direct a good and
competent workforce, are still not in accordance with applicable procedures, but have
increased from year to year. Besides that, motivation for employees is rarely carried out, even
though the two components are a series that can have a great influence on the development of
HR Hotel Summer Banjarmasin. The management information system is not running well,
because the flow of information from superiors to subordinates has not been smooth or vice
versa, which has resulted in a decrease in morale.