DETAIL DOCUMENT
PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH TIPE CONCRETE CANTILIVER UNTUK PENANGGULANGAN LONGSOR (Studi Kasus: jalan Langkap-Ajung Kec.Tebing Tinggi)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Malik, Abdul
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2022-03-10 02:47:43 
Abstract :
Dinding penahan tanah adalah suatu struktur konstruksi yang dibangun untuk menahan tanah yang mempunyai kemiringan/lereng dimana kemantapan tanah tersebut tidak dapat dijamin oleh tanah itu sendiri. Bangunan dinding penahan tanah digunakan untuk menahan tekanan tanah lateral yang ditimbulkan oleh tanah urugan atau tanah asli yang labil akibat kondisi topografinya. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui dimensi dinding penahan tanah tipe kantiliver yang efektif terhadap bahaya geser, guling, dan daya dukung tanah dengan tambahan beban lalu lintas dijalan langkap-ajung Kec.Tebing tinggi. Perhitungan tekanan tanah dihitung dengan menggunakan teori Rankine serta perhitungan stabilitas terhadap keruntuhan daya dukung tanah dihitung berdasarkan teori Hansen dan berdasarkan data-data karakteristik keteknikan ( c dan ). Hasil perencanaan dinding penahan tanah tipe kantiliver dengan mengunakan tanah hasil dari uji laboratorium pada lokasi jalan Langkap-ajung Kec. Tebing tinggi dengan permodelan A, B, C, dan D didapat bahwa dimensi yang efektif untuk dinding penahan tanah tipe kantiliver yang stabil terhadap gaya guling, geser, dan daya dukung tanah dengan tambahan beban lalu lintas adalah model D. Kata Retaining wall is a construction structure that is built to hold the soil with a slope/slope arm so that the stability of the soil cannot be guaranteed by the soil itself. Retaining wall structures are used to withstand lateral soil pressures caused by backfill or natural soils that are unstable due to topographic conditions. The purpose of this study is to determine the dimensions of the cantilever type retaining wall which is effective against shear, overturning, and soil carrying capacity with additional traffic load on the Langkap-ajung road, Kec. Tebing Tinggi. Calculation of soil pressure using Rankine theory and the calculation of the failure of the bearing capacity of the soil is calculated based on Hansen and based on engineering characteristics data (c and ). The results of planning a cantilever type retaining wall using soil from laboratory tests at the Langkap-ajung road location, Kec. The high cliff with the A, B, and C models found that the effective dimension for a cantilever type retaining wall which is stable against overturning, shearing, and soil bearing capacity with additional traffic loads is model C. 
Institution Info

Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin