DETAIL DOCUMENT
APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT. SURYA TIMUR SAKTI JATIM BERBASIS TELEGRAM GATEWAY
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Pauji, Indra
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2022-03-17 02:48:03 
Abstract :
PT. Surya Timur Sakti Jatim merupakan salah satu perusahaan penyalur sepeda motor Yamaha yang ada di Indonesia. Di PT. Surya Timur Sakti Jatim untuk sistem informasi hubungan antar pelanggan menggunakan aplikasi CRM v 2.0 aplikasi ini terhubung ke database server untuk mendata setiap calon pelanggan yang berpotensi untuk membeli produk.Namun perolehan data-data tersebut kurang efektif karena dilanjutkan dari staff CRM yang secara manual menghubungi setiap pelanggan dan calon pelanggan untuk mengingatkan proses STNK dan BPKB sudah selesai maupun untuk mengkonfirmasi memvalidasi data. Maka dari itu diperlukan penambahan fitur sistem informasi yang dapat menghubungi pelanggan secara otomatis dalam kurun waktu tertentu secara berkala sehingga proses perolehan data potensi pelanggan dan hubungan antara pelanggan bisa jauh lebih erat dan efektif. Pemrograman yang digunakan dalam pembuatan sistem aplikasi CRM Berbasis Telegram Gateway adalah delphi 10.3 dan database yang digunakan adalah mysql. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah konsumen atau dalam memperoleh informasi proses STNK dan BPKB maupun data stok unit. PT. Surya Timur Sakti Jatim is one of the Yamaha motorcycle dealer companies in Indonesia. At PT. Surya Timur Sakti Jatim for a customer relationship information system using the CRM v 2.0 application, this application is connected to a database server to record every potential customer who has the potential to buy the product. customers and prospective customers to remind the STNK and BPKB processes have been completed or to confirm validating data. Therefore, it is necessary to add an information system feature that can contact customers automatically within a certain period of time periodically so that the process of acquiring potential customer data and the relationship between customers can be much closer and more effective. The programming used in making the Telegram Gateway based CRM application system is Delphi 10.3 and the database used is MySQL. With this application, it is hoped that it will make it easier for consumers to obtain information on the STNK and BPKB processes as well as unit stock data. 
Institution Info

Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin