Abstract :
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
Semakin tinggi pendidikan seseorang maka akan semakin tinggi wawasan dan
pengetahuannya. Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal tempat dimana
anak menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinnya. Dengan adanya
pendidikan disekolah diharapkan sisawa tidak hanya menguasai materi pelajaran tetapi sekolah
juga dituntut untuk dapat membentuk dan membina kepribadian siswa agar sesuai dengan
norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Oleh karena itu sebuah sistem
pencatatan poin pelanggaran siswapada sekolah sangat diperlukan dengan tujuan untuk
mengetahui tingka ketidak displinan para siswa dalam lingkungan sekolah. Sistem tersebut
juga dapat menghasilkan informasi secara efektif dan efisien. Sistem informasi ini dirancang
menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini digunakan untuk
mencari alternatif dari sejumlah alternatif yang ada dengan kriteria-kriteria yang telah
ditentukan oleh pengambil keputusan kemudian merangking dari alternatif yang ada. Dalam
pengujian diambil 5 sampel siswa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, hasil yang
diperoleh diurut berdasarkan poin tertinggi. Siswa 2 = 11,201, siswa 3 = 10,665, siswa 5 =
10,6, siswa 4 = 8,366 dan siswa 1 = 7,866.
Education has a very important role in human life. The higher a person's education,
the higher his insight and knowledge. School is a formal educational institution where children
discover and develop their potential. With education in schools, it is hoped that students will
not only master the subject matter but the school also learns to foster and nurture students'
personalities so that they are in accordance with the norms and values that apply in society.
Therefore, a system of recording student violation points at school is needed with the aim of
knowing the level of student indiscipline in the school environment. The system can also
produce information effectively and efficiently. This information system is designed using the
Simple Additive Weighting (SAW) method. This method is used to find alternatives from a
number of existing alternatives with the criteria determined by the decision maker and then
rank from the existing alternatives. In the test, 5 samples were taken based on predetermined
criteria, the results obtained were based on the highest points. Student 2 = 11,201, student 3
= 10,665, student 5 = 10.6, student 4 = 8,366 and student 1 = 7,866.