Abstract :
PT. Telkom Akses (PT. TA) merupakan anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk
(Telkom) yang sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh Telkom. PT. TA bergerak dalam bisnis
penyediaan layanan konstruksi dan pengelolaan infrastruktur jaringan, permasalahan yang ad a pada
saat melakukan penelitian adalah ribetnya notifikasi pendaftaran pemasangan atau perbaikan,
sedangkan pelanggan setiap hari selalu informasi atau tahapan yang sedang dilakukan.Oleh karena
itu diusulkan judul untuk membangun sebuah sistem informasi yang terpusat dan mudah digunakan.
Sistem akan mengirim hasil yang sedang dikerjakan kepada pengguna atau pelanggan telkom.Sistem
ini berbasis sumber daya terbuka (Open Source) sehingga tidak terlalu banyak memakan biaya untuk
pengembangan dan implementasinya. Dengan menggunakan sistem informasi berbasis web
memudahkan melakukan monitoring atau memantau pekerjaan teknisi sehingga menjaga kepuasaan
pelanggan dan teratur nya pekerjaan. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang
berfungsi untuk memudahkan dalam pengontrolan pemasangan baru dan perbaikan sehingga
pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual bisa lebih mudah dan terkomputerisasi dengan
baik. Penelitian selanjutnya bisa melakukan pembaharuan sistem yang berbasis android karena
zaman semakin modern yang mana pekerjaan bisa lebih dapat di kontrol dimanapun para pekerja
berada.