DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN PESERTA JKN-KIS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA JKN-KIS DI PUSKESMAS BANTUIL KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Rianti, Lidya Yuni
Subject
RA Public aspects of medicine 
Datestamp
2022-03-22 03:00:58 
Abstract :
Permasalahan yang ada di Puskesmas Bantuil Kabupaten Barito Kuala antara lain masih minimnya pengetahuan responden tentang kurang memanfaatkan kartu kepesertaannya untuk berobat dan sebagian pasien belum merasa puas dikarenakan mereka merasa bahwa pelayanan menggunakan kartu JKN dengan tidak menggunakan kartu sangat beda dalam hal pelayanan pasien di Puskesmas Bantuil. Capaian kepesertaan JKN-KIS di Puskesmas Bantuil Kabupaten Barito Kuala pada Bulan Januari-Mei 2021 sebesar 3234 jiwa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif yang bersifat Analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan tingkat kepuasan peserta JKN-KIS di puskesmas bantuil dengan p-value=0,163, tidak terdapat hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan peserta JKN-KIS di puskesmas Bantuil dengan p-value=0,182. Bagi Peserta JKN-KIS agar lebih meningkatkan pelayanannya, Bagi puskesmas dapat meningkatkan pelayanan dan membangun kepercayaan dengan peserta JKN-KIS, dan bagi peneliti lain dapat melakukan dan melanjutkan penelitian lebih mendalam dengan variabel yang berbeda. The problems that exist at the Bantuil Health Center in Barito Kuala Regency include the lack of knowledge of respondents about not using their membership card for treatment and some patients are not satisfied because they feel that the service using the JKN card and not using the card is very different in terms of patient care at the Bantuil Health Center. The achievement of JKN-KIS participation at the Bantuil Health Center, Barito Kuala Regency in January-May 2021 was 3234 people. The type of research used is quantitative analytical with a cross sectional design. Sampling in the study using accidental sampling technique. Based on the results of this study, there was no relationship between knowledge and the level of satisfaction of JKN-KIS participants at the Bantuil Health Center with p-value = 0.163, there was no relationship between service quality and the satisfaction level of JKN-KIS participants at the Bantuil Health Center with p-value = 0.182. For JKN-KIS participants to further improve their services, for puskesmas to improve services and build trust with JKN-KIS participants, and for other researchers to conduct and continue more in-depth research with different variables. 
Institution Info

Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin