Abstract :
Saluran drainase adalah salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan dalam memenuhi salah
satu persyaratan teknis prasarana jalan. Saluran drainase jalan raya berfungsi untuk mengalirkan
air yang, sehingga badan jalan tetap kering. Pada umumnya saluran drainase jalan raya adalah
saluran terbuka dengan menggunakan gaya gravitasi untuk mengalirkan air menuju outlet.
Distribusi aliran dalam saluran drainase menuju ¬outlet ini mengikuti kontur jalan raya. Tujuan
dari penelitian ini yaitu mengetahui berapa dimensi ideal saluran drainase dan dimensi eksisting
saluran drainase Jalan Binuang Pulau Pinang Kabupaten Tapin dan mencari jalan keluar terhadap
kendala dari kondisi eksisting saluran drainase ruas jalan tersebut. Dari hasil penelitian diambil
kesimpulan bahwa perencanaan dimensi ideal saluran drainase ruas jalan Binuang ? Pulau Pinang
STA 88 + 000 ? 89 + 500, yaitu saluran samping dengan ukuran Lebar (b) = 56 cm, Tinggi (h) =
112 cm, dan Tinggi jagaan (w) = 7,5 cm, serta Gorong-gorong dengan ukuran Diameter luar (D) =
95,8 cm, Kedalaman air maksimum (d) = 76,7 cm, dan Kemiringan dasar (i) = 0,229%. Saluran
drainase samping jalan pada ruas jalan Binuang ? Pulau Pinang umumnya terjadi pendangkalan
berupa bahan material sirtu setebal sampai 40% dan diatasnya tertutup oleh ranting dan daunan
kering.
Drainage channel is one of the complementary buildings on the road segment in fulfilling one of
the technical requirements for road infrastructure. The highway drainage channel serves to drain
water, so that the road body remains dry. In general, road drainage channels are open channels
using gravity to drain water to the outlet. The distribution of flow in the drainage channel to this
outlet follows the contours of the highway. The purpose of this study is to find out what the ideal
dimensions of the drainage channel and the existing dimensions of the drainage channel on Jalan
Binuang Pulau Pinang, Tapin Regency are and find a way out of the constraints of the existing
condition of the drainage channel on the road From the results of the study, it was concluded that
the ideal dimensions of the drainage channel for the Binuang - Pulau Pinang road section STA 88
+ 000 - 89 + 500, namely side channels with width (b) = 56 cm, height (h) = 112 cm, and guard
height. (w) = 7.5 cm, and a culvert with an outer diameter (D) = 95.8 cm, maximum water depth
(d) = 76.7 cm, and base slope (i) = 0.229%. Side drainage channels on the Binuang - Pulau
Pinang road generally occur silting in the form of gravel material up to 40% thick and above it is
covered by twigs and dry leaves.