DETAIL DOCUMENT
STUDI PERENCANAAN CAMPURAN LATASIR (LAPISAN TIPIS ASPAL PASIR) PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN JALAN DESA TERPENCIL DI KABUPATEN TAPIN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Rusdi, Rusdi
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2022-02-04 02:06:03 
Abstract :
Kabupaten Tapin di Kecamatan Candi Laras Utara meliputi daerah dataran rendah berawa-rawa, desa?desa di Kecamatan Candi Laras Utara ini sangat sulit dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda 4 karena kondisi jalan-jalannya tidak standar atau dalam istilah lainnya sempit dan volume lalu lintasnya sangat rendah karena hanya dilewati oleh kendaraan roda 2. Alternatif yang digunakan pada lapisan perkerasan jalan ini yaitu Latasir (Lapis Tipis Aspal Pasir) sebagai lapis permukaan (surface),. Tujuan dari penelitian in yaitu mengetahui bagaimana perencanaan komposisi campuran material pembentuk Latasir, dan bagaimana proses transportasi material ke lokasi pekerjaan jalan tersebut serta bagaimana proses pengolahan bahan Latasir tersebut. Metodologi dari penelitian ini adalah metode eksperimental yaitu pengolahan benda uji berupa sampel berbagai variasi. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa kadar aspal yang memenuhi syarat untuk mutu terbaik dari Latasir ini adalah 7%, stabilitas 710 kg, rongga udara 6,170%, hasil bagi marshall 3,533 KN/mm, berat jenis campuran 2,183 kg/dm³ dan kelelehan 2,890 mm. Tapin Regency in Candi Laras Utara District covers a swampy lowland area, villages in Candi Laras Utara District are very difficult to reach by using 4-wheeled vehicles because the road conditions are not standard or in other terms narrow and the traffic volume is very low. because it is only passed by 2- wheeled vehicles. The alternative used in this pavement layer is Latasir (Thin Layer of Asphalt Sand) as the surface layer. The purpose of this research is to find out how to plan the composition of the mixture of materials that make up Latasir, and how to process the transportation of materials to the location of the road work and how to process the Latasir material. The methodology of this research is an experimental method, namely the processing of test objects in the form of samples of various variations. The conclusion of this study is that the asphalt content that meets the requirements for the best quality from Latasir is 7%, stability is 710 kg, air void is 6.170%, marshall quotient is 3.533 KN/mm, mixed density is 2.183 kg/dm³ and melt is 2.890 mm. 
Institution Info

Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin