Abstract :
Ada tiga faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah proyek yaitu waktu, biaya dan
mutu. Agar penyelesaian sebuah proyek tidak mengalami keterlambatan dan bisa memberikan
kerugian bagi pihak pelaksana proyek maka pengelolaan sebuah proyek harus sistematis agar
waktu pelaksanaan proyek sesuai dengan kontrak dan keuntungan yang didapat juga maksimal.
Proyek Pembangunan Gedung Kantor Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin Tahap 1 ini
dipilih untuk diteliti karena mengalami keterlambatan progres. Maka tujuan dari penelitian ini
adalah melakukan analisis untuk mempercepat durasi proyek dengan menggunakan metode Time
Cost Trade Off serta untuk mengetahui besar biaya yang diperlukan untuk melakukan serta
keuntungan yang didapat dari proses perhitungan percepatan dengan alternatif penambahan jam
kerja dan penambahan tenaga kerja. Dari analisis yang dilakukan didapatkan hasil dari percepatan
dengan alternatif penambahan jam kerja (lembur) 4 jam yang mengalami penambahan biaya
langsung sebesar Rp.369,892,256.96. Sedangkan hasil dari perhitungan percepatan dengan
alternatif penambahan tenaga kerja menghasilkan pengurangan pada biaya langsung proyek yaitu
sebesar Rp.23,615,769.23.