Abstract :
Customer Service harus memiliki kemampuan melayani pelanggan secara tepat dan cepat serta
memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Customer Service Officer yang baik harus diikuti dengan
tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan, ketepatan, dan keakuratan pekerjaannya. Selain
itu, Customer Service Officer dituntut untuk memberikan pelauyanan yang prima kepada pelanggannya, agar
pelayanan yang diberikan dapat memuaskan pelanggan. CV. Trio Motor Honda Tanjung berlokasi di Jl. In
P.H.M. Noor No. 68 Tanjung. Kalimantan Selatan.
Dalam melakukan kegiatan usahanya tersebut perusahaannya masih menghadapi beberapa kendala
yaitu pada bagian pelayanan penjualan atau bagian Customer servis. Masalah tersebut adalah kurang
mempunyai Customer servis untuk menjelaskan tentang spesifikasi produk sepeda motor honda yang
ditawarkan, dan informasi tentang proses administrasi surat-menyurat kendaraan tersebut. Melihat dari masalah
yang dihadapi perusahaan, kegiatan pelatihan adalah cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, karena
dalam kegiatan pelatihan karyawan khususnya Customer service yang dianggap kurang mampu melaksanakan
tugas-tugasnya untuk menginformasikan dan melayani serta membujuk konsumen agar tertarik pada produk
yang ditawarkan oleh perusahaan.
Kegiatan pelatihan karyawan hendaknya di lakukan secara rutin dan continue, karena ini berkaitan
dengan kemampuan dan keterampilan karyawan dalam menyerap dan menganalisa masalah yang berkaitan
dengan pekerjaannya khususnya Customer service.
Customer Service must have the ability to serve customers appropriately and quickly and have good
communication skills. A good Customer Service Officer must be followed by the availability of facilities and
infrastructure that support the speed, accuracy, and accuracy of his work. In addition, the Customer Service
Officer is required to provide excellent service to his customers, so that the services provided can satisfy the
customer. CV. Trio Motor Honda Tanjung is located on Jl. In P.H.M. Noor No. 68 Tanjung. South Borneo.
In carrying out its business activities the company still faces several obstacles, namely in the sales service
section or the Customer service section. The problem is the lack of customer service to explain the specifications
of Honda motorcycle products offered, and information about the administration process of the vehicle
correspondence. Seeing the problems faced by the company, training activities are the right way to overcome
these problems, because in employee training activities, especially customer service that is deemed unable to
carry out their duties to inform and serve and persuade consumers to be interested in the products offered by
the company.
Employee training activities should be carried out routinely and continue, because this is related to the ability
and skills of employees to absorb and analyze problems related to their work, especially customer service.