Abstract :
Telaga Bauntung merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Telaga
Bauntung merupakan wilayah dari pemekaran kecamatan Simpang Empat. Sebelumnya kecamatan ini diusulkan
bernama Rantau Bujur, kemudian diubah menjadi Telaga Bauntung atas pertimbangan asal usul dan sejarah daerah
ini. Kecamatan Telaga Bauntung terdiri dari 4 desa, yaitu, Lok Tanah, Rampah, Rantau Bujur, dan Telaga Baru.
Kecamatan ini beralamat di Jl. Batu Babalik, Loktanah, Telaga Bauntung, Banjar, Kalimantan Selatan.
Dalam proses pelayanan tersebut terdapat permasalahan yaitu pelayanan selama ini pemohon perlunya
bolak-baliknya dalam apabila ada persyaratan yang belum atau lupa membawa maka pemohon di minta untuk
mengambil terlebih dahulu persyaratan yang di minta. Setelah selesai pemohon diminta Kembali untuk
mengambil surat tersebut di kantor Dinas Kecamatan Telaga Bauntung.
Berdasarkan uraian diatas maka dibuatlah aplikasi berbasis web dengan harapan agar dapat mengelola
dan memberikan pelayanan kepada pemohon secara langsung atau menggunakan sistem online, sehingga
pemohon tidak perlu mendatangi kantor Dinas Kecamatan Telaga Bauntung untuk melakukan permohonan
layanan, dan untuk persyaratan tidak perlu takut apabila ketinggalan.
Lake Bauntung is a sub-district in Banjar Regency, South Kalimantan. Lake Bauntung is an area of the division
of Simpang Empat sub-district. Previously, this sub-district was proposed to be named Rantau Longitude, then it
was changed to Telaga Bauntung based on the consideration of the origin and history of this area. Telaga Bauntung
District consists of 4 villages, namely, Lok Tanah, Rampah, Rantau Longitude, and Telaga Baru. This district is
located at Jl. Batu Babalik, Loktanah, Bauntung Lake, Banjar, South Kalimantan.
In the service process there is a problem, namely the service so far the applicant needs to go back and forth in case
there are requirements that have not been or have forgotten to bring then the applicant is asked to take the requested
requirements first. After completion, the applicant is asked to return to take the letter at the Telaga Bauntung
District Office.
Based on the description above, a web-based application is made in the hope that it can manage and provide
services to applicants directly or using an online system, so that applicants do not need to go to the Telaga
Bauntung Sub-District Office to apply for services, and for requirements, they do not need to be afraid if they
miss it.