Abstract :
Data monitoring pelayanan penyambungan di PLN saat ini sudah terkomputerisasi namun masih
menggunakan MS.Excel yang di dalamnya memiliki banyak sekali data pelanggan yang mengajukan pelayanan
penyambungan beserta rinican biaya nya dan untuk penyimpanan data di MS.Excel dengan banyak data ini
sangat berbahaya karena bisa saja file tersebut corrupt dan untuk pengolahan data monitoring pelayanan
pengaduan, saat ini pelanggan masih banyak melakukan pengaduan lewat email atau telepon atau sosial media
untuk melaporkan gangguan dalam hal listrik karena kebanyakan yang melaporkan pelayanan pengaduan lewat
email atau telepon atau sosial media maka operator akan mengalami kesusahan menjawab semua gangguan yang
terjadi karena alternatif pengaduan yang terbatas.Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk
membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu para pegawai PLN dalam meningkatkan kinerja
pengolahan data monitoring pelanggan yang mengajukan pelayanan penyambungan dan pengolahan data
monitoring pelayanan pengaduan dengan alternatif baru untuk melakukan pelayanan pengaduan supaya
operator tidak mengalami kesusahan untuk menerima laporan pengaduan dari alternatif yang terbatas pada PT.
PLN (PERSERO) UP3 CABANG BANJARMASIN. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan
MySQL sebagai database penyimpanan data.Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan para
pegawai dalam melakukan pengelohan data monitoring pelayanan penyambungan dan pelayanan pengaduan
lebih cepat dan efisien dan memudahkan operator layanan pengaduan untuk menerima laporan gangguan dengan
alternatif lain yang akan disediakan dalam aplikasi ini.
Connection service monitoring data at PLN is now computerized but still uses MS.Excel which has a lot
of customer data that applies for connection services along with details of their costs and for data storage in
MS.Excel with a lot of data this is very dangerous because it could be a file the data is corrupt and for data
processing monitoring complaints services, currently customers still make complaints via email or telephone or
social media to report disturbances in terms of electricity because most of them report complaints services via
email or telephone or social media, the operator will have difficulty answering all disturbances that occur due to
limited alternative complaints. From these problems the idea of making an application that can be used to help
PLN employees improve the performance of monitoring data processing for customers who apply for connection
and service services is raised. processing complaint service monitoring data with new alternatives to provide
complaint services so that operators do not experience difficulties in receiving complaint reports from alternatives
that are limited to PT. PLN (PERSERO) UP3 BANJARMASIN BRANCH. The programming languages used are
PHP and MySQL as data storage databases. With this application, it is expected to make it easier for employees
to perform data processing, monitoring connection services and complaint services more quickly and efficiently
and make it easier for complaint service operators to receive reports of disturbances with other alternatives that
will provided in this application.