Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui strategi promosi yang digunakan pada PT
Pegadaian Cabang Teluk Dalam untuk meningkatkan jumlah nasabah dan mengetahui strategi
promosi yang efektif untuk menarik minat nasabah pada PT Pegadaian Cabang Teluk Dalam
dimasa yang akan datang.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui Metode Observasi, Library
Research(Penelitian Kepustakaan), Metode Interview(Wawancara), dan Metode Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk meningkatkan jumlah nasabah dimasa yang
akan datang, PT Pegadaian Cabang Teluk Dalam sebaiknya melakukan fungsi advertising yaitu;
penyebaran brosur, pasang iklan dengan gambar yang besar ditempat yang strategis,
pemberitahuan atau penjualan melalui media sosial seperti; di instagram, twitter, facebook,
whatsapp, tokopedia, shopee, bukalapak dan lain-lain agar dapat menarik minat nasabah dan para
calon nasabah dapat lebih mengetahui keunggulan produk tersebut serta dapat lebih
memudahkan calon nasabah dalam membuka tabungan emas.
This study aims to: determine the promotional strategies used at PT Pegadaian Teluk Dalam
Branch to increase the number of customers and find out effective promotional strategies to
attract customers' interest at PT Pegadaian Teluk Dalam Branch in the future.
This study uses a qualitative descriptive research design and data collection techniques
used in this study are through the Observation Method, Library Research, Interview Method, and
Documentation Method.
The results of the study indicate that: to increase the number of customers in the future,
PT Pegadaian Teluk Dalam Branch should perform an advertising function, namely; distribution
of brochures, advertisements with large images in strategic places, notifications or sales through
social media such as; on Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, Tokopedia, Shopee,
Bukalapak and others in order to attract customers and potential customers to know more about
the advantages of these products and make it easier for prospective customers to open gold
savings.