Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) Untuk memberikan gambaran
tentang pemberian insentif karyawan toko graha herbal mart banjarmasin. (2)
Untuk menganalisis insentif yang diberikan oleh pihak toko graha herbal mart
banjarmasin dalam menigkatkan semangat kerja karyawannya.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu
penelitian secara langsung ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang
suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan sumber data yang di
gunakan yaitu data primer dan data sekunder, kemudian untuk teknik
pengumpulan data penulis menggunakan metode: Observasi, wawancara dan
dokumentasi dan Teknik Analisis Data, Menganalisis data di lapangan,
Menganalisis data yang telah terkumpul atau data yang baru diperoleh Setelah
proses pengumpulan data selesai, maka peneliti membuat laporan penelitian
dengan menggunakan metode deskriptif, kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian Salah satu cara mengoptimalkan kinerja
karyawan adalah dengan pemberian balas jasa (insentif) secara tidak sengaja
diberikan kepada karyawan agar di dalam diri mereka timbul semangat yang
lebih besar untuk meningkatkan prestasi kerja seingga produktivitas dan
kinerjanya meningkat. Pemberian insentif didalam suatu perusahaan memegang
peranan penting karena diyakini akan dapat mengatasi berbagai permasalahan di
tempat kerja.
Saran yang penulis sampaikan, pihak toko graha herbal mart banjarmasin
lebih memperhatikan pemberian insentif sesuai dengan harapan dan hasil pekerja
dari karyawan agar dapat meningkatkan semangat kerja karyawan, salah satunya
dengan pemberian bonus kepada karyawan yang telah bekerja dengan giat
This study aims to examine: (1) To provide an overview of the incentives
for employees of the Graha Herbal Mart store in Banjarmasin. (2) To analyze
the incentives provided by the Graha Herbal Mart Banjarmasin store in
increasing the morale of its employees.
This research is a field research, which is research directly into the
field to make observations about a phenomenon in a natural state. While the
data sources used are primary data and secondary data, then for data collection
techniques the author uses the methods: Observation, interviews and
2
documentation and Data Analysis Techniques, Analyzing data in the field,
Analyzing data that has been collected or data that has just been obtained After
the collection process the data is complete, then the researcher makes a research
report using descriptive, qualitative methods.
Based on the results of the study, one way to optimize employee
performance is by giving rewards (incentives) inadvertently given to employees
so that in them there is a greater enthusiasm to improve work performance so
that productivity and performance increases. Providing incentives within a
company plays an important role because it is believed to be able to overcome
various problems in the workplace.
The suggestion that the author conveys is that the Graha Herbal Mart
Banjarmasin shop pays more attention to providing incentives in accordance
with the expectations and results of employees in order to increase employee
morale, one of which is by giving bonuses to employees who have worked hard.