DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Mundzirah, Rahmi
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2020-08-26 05:33:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) kualitas pelayanan yang ditinjau dari variabel bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (empathy) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin; (2) kualitas pelayanan yang ditinjau dari variabel bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (empathy) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dan merupakan penelitian survey dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah jumlah pasien dalam 10 bulan terakhir dari 1 Januari 2019 sampai 31 Oktober 2019 yang rata-rata berjumlah 777 pasien dan pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin sehingga sampel yang didapat sejumlah 89 pasien. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dibantu dengan SPSS IBM versi 20. Hasil Penelitian menunjukkan : (1) kualitas pelayanan yang ditinjau dari variabel bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (empathy) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin dibuktikan dengan hasil regresi linear berganda dengan nilai koefisien regresi tanggibles 0,302 reliability 0,197, responsiveness 0,126, assurance 0,266, dan emphaty 0,111; (2) kualitas pelayanan yang ditinjau dari variabel bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (empathy) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin dibuktikan hasil uji F dimana nilai F hitungnya sebesar 222,826 dan signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05. This study aims to examine: (1) the quality of service in terms of direct evidence variables (tangibles), reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), assurance (assurance) and attention (empathy) partially affect the satisfaction of inpatients at Banjarmasin Islamic Hospital; (2) the quality of service in terms of direct evidence variables (tangibles), reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), assurance (assurance) and attention (empathy) simultaneously affect the satisfaction of inpatients at Banjarmasin Islamic Hospital This research uses a quantitative descriptive design and is a survey research using a questionnaire. The study population was the number of patients in the last 10 months from 1 January 2019 to 31 October 2019 with an average of 777 patients and sampling using the slovin formula so that the samples obtained were 89 patients. Analysis of the data used is multiple linear regression assisted with IBM SPSS version 20.The results showed: (1) the quality of service in terms of direct evidence variables (tangibles), reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), assurance (assurance) and attention (empathy) partially affect the satisfaction of inpatients at the hospital Banjarmasin Islam is proved by the results of multiple linear regression with the value of the regression coefficient 0.302 reliability 0.197, responsiveness 0.126, assurance 0.266, and empathy 0.111; (2) the quality of service in terms of direct evidence variables (tangibles), reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), guarantee (assurance) and attention (empathy) simultaneously affect the satisfaction of inpatients at Banjarmasin Islamic Hospital proven F test where the calculated F value of 222,826 and the significance of 0,000 is smaller than 0.05. 
Institution Info

Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin