DETAIL DOCUMENT
KAJI PARAMETRIK KASUS TUMBUKAN KECEPATAN RENDAH PADA TABUNG SEGI-EMPAT DAN SEGI-ENAM MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN METODE NUMERIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
Author
Bismil Rabeta, Rabeta
Subject
Z719 Libraries (General) 
Datestamp
2022-06-09 02:38:06 
Abstract :
Crasworthiness merupakan sebuah pengujian ketahanan suatu struktur terhadap efek tumbukan. Pengujian ini biasanya dilakukan untuk menyelidiki keamanan kendaraan terhadap efek tumbukan. Pengujian dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak seperti LS-DYNA, MSC-DYTRAN , MADYMO atau dapat juga dilakukan dengan menggunakan pengujian eksperimen. Bagian terpenting pada kendaraan yang sangat berpengaruh terhadap efek tumbukan adalah Bumper. Bumper dipasang pada bagian depan kendaraan yangmerupakan suatu system yang berguna untuk menyerap energi tumbukan ketika terjadi kecelakaan pada bagian depan kendaraan. Dua mekanisme penting pada sistem bumper adalah frontal bar dan batang longitudinal. Frontal bar akan langsung berinteraksi dengan sumber tumbukan. Gaya tumbukan dari frontal bar akan diteruskan ke batang longitudinal untuk diserap dengan cara berdeformasi (progressive buckling). Perilaku deformasi dari struktur batang longitudinal akan menentukan tingkat keselamatan pada penumpang kendaraan. Pada tesis ini dilakukan analisis eksperimen tumbuk kecepatan rendah menggunakan alat drop weight test pada struktur tabung berdinding tipis dengan penampang tabung berbentuk segi-empat dan segi-enam. Struktur tabung yang digunakan untuk analisis eksperimen tersebut merupakan jenis umum dari struktur yang digunakan sebagai batang longitudinal pada bumper mobil. Hasil analisis dari eksperimen yang dilakukan dibandingkan dengan hasil analisis metode elemen hingga non-linier yang didapatkan dengan menggunakan perangkat lunak LS-DYNA. Analisis parametric juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari rasio tebal per keliling terhadap harga mean crushing force berdasarkan hasil dari analitikal, numerikal dan eksperimental. Semua metode yang digunakan dalam analisis parametrik menunjukkan bahwa harga normalized mean crushing force, Pm/M0 tabung hexagonal lebih tinggi dari pada tabung segi-empat. Hasil analitikal dari harga normalized mean crushing force, Pm/M0 tabung segi-enam sebesar 1.19 ? 1.28 kali dari tabung segi-empat. Hasil numerikal dari normalized mean crushing force, Pm/M0 tabung segi-enam sebesar 1.38 ? 1.56 kali dari tabung segi-empat, sedangkan hasil eksperimental dari normalized mean crushing force, Pm/M0 tabung segi-enam sebesar 1.20-1.72 kali dari tabung segi-empat. 
Institution Info

Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma