DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Diskusi dengan Alat Peraga Papan Berpaku terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Limbung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Makassar
Author
Sari, Nur Isnaeni
Subject
PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) 
Datestamp
2018-08-06 05:59:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Limbung dan dipilih dua kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII 4 dan VII 5.Hasil analisis statistika deskriptifmenunjukkan bahwahasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku berada pada kategori rendah, dan peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang, sedangkan hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan metode diskusi berada pada kategori rendah, dan peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang.Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi, (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode diskusi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci:Metode Diskusi, Alat Peraga, Alat Peraga Papan Berpaku, Hasil Belajar Matematika Siswa 

File :
JURNAL.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Makassar