Abstract :
PENERAPAN SISTEM POIN TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN
SISWA DI SMA NEGERI 1 MAKALE
IDAR WAHYUNI AMNAN
Pendidikan Sosiologi-FIS-UNM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan
sistem poin di SMA Negeri 1 Makale. 2) mengetahui faktor-faktor pendorong
dan penghambat dalam penerapan system poin di SMA Negeri 1 Makale. Jenis
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan
adalah purposive sampling, dengan kriteria guru Bimbingan Konseling 1
orang, wakasek kesiswaan, wali kelas dan siswa yang diwakili 8 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data,
mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan yaitu
member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan system poin di SMA
Negeri 1 Makale sudah berjalan cukup baik dengan melakukan pengenalan
kebijakan system poin kepada siswa dan walinya 2) a. factor pendorong
penerapan system poin yaitu yang pertama karakter siswa itu sendiri yang
memiliki kesadaran dan motivasi serta yang kedua yaitu dukungan dari
orangtua dan b. faktor penghambat penerapan sist6em poin yaitu karakter
siswa yang tidak mau diatur dan faktor pergaulan siswa.