Abstract :
Sebuah perusahaan atau Perseroan Terbatas (PT) dapat dinilai profesional,
terpercaya, dan dapat menjangkau target audiensi yang luas jika memiliki sebuah
website sebagai media promosi. Namun Sense Visual atau PT Semesta Visual
belum memiliki sebuah website. Sehingga dibutuhkan sebuah website untuk
memenuhi kebutuhan calon konsumen. Oleh karena itu, ditelusuri bahwa
perancangan User Interface website Sense Visual sebagai media promosi sangat
dibutuhkan. Tujuan dari perancangan ini ialah untuk membuat desain antarmuka
pada media website untuk Sense Visual yang professional dan informatif agar dapat
memudahkan calon konsumen menemukan informasi lengkap Sense Visual. Proses
perancangan user interface website ini menggunakan metode design thinking yang
menyediakan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah. Pada tahap
pertama design thinking (empathize), tahap pengumpulan data untuk menggali
permasalahan. Tahap define, penelitian ini menyatakan kebutuhan dan masalah
pengguna yang dituliskan dalam Pain Points dan pernyataan masalah. Tahap
Ideate, penelitian ini mengklasifikasikan permasalahan yang ada dengan melalui
beberapa proses seperti solution idea, affinity diagram, crazy 8?s, user flow, dan
site map. Pada tahap prototype, hasil dari sketsa crazy 8?s dilanjut pada wireframe
high-fidelity. Dilanjutkan dengan diberikan interaksi antar halaman sehingga
terbentuk prototype yang dapat menyimulasikan bagaimana pengguna berinteraksi
dengan desain yang telah dirancang. Perancangan ini diharapkan dapat memberikan
tambahan informasi, acuan, dan referensi bagi mahasiswa Desain Komunikasi
Visual baik di dalam maupun di luar Universitas Negeri Makasssar yang ingin
merancang desain antarmuka situs web.
Kata kunci: Website, User Interface, Sense Visual