Abstract :
Penelitian ini memiliki rumusan permasalahan yaitu apakah dengan membentuk
media plastisin dapat meningkatkan kreativitas peserta didik di TK Khadijah Baji
Gau Kota Makassar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kreativitas peserta
didik dalam pembelajaran membentuk plastisin di TK Khadijah Baji Gau Kota
Makassar. Subyek penelitian ini yaitu kelas B1 yang berjumlah 8 peserta didik, 7
anak perempuan dan 1 anak laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu
menggunakan 3 siklus yang berlangsung selama 2 kali pertemuan, dilaksanakan
melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
membuktikan bahwa membentuk plastisin dapat meningkatkan kreativitas peserta
didik di Tk Khadijah Baji Gau. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru
menerapkan pembelajaran membentuk dengan media plastisin dalam kegiatan
pembelajaran di sekolah sesuai dengan materi yang akan diberikan. Berdasarkan
tiga siklus peserta didik yang dimana 2 peserta didik tuntas dan 6 peserta didik tidak
tuntas. Siklus I terdapat 6 peserta didik, 1 peserta didik tuntas dan 5 peserta didik
tidak tuntas. Siklus II dari 5 peserta didik, terdapat 2 peserta didik yang tuntas dan
3 peserta didik tidak tuntas. Siklus III dari 3 peserta didik, terdapat 2 peserta didik
yang tuntas dan 1 peserta didik tidak tuntas. Hal ini terjadi karena peserta didik
dibimbing dengan baik dan diberikan materi yang menyenangkan. Pembelajaran
membentuk plastisin ini dapat diterapkan di sekolah.
Kata Kunci : membentuk, plastisin, pembelajaran kreativitas