Abstract :
Mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar mengalami kecemasan akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas coloring mandala dalam mengurangi kecemasan akademik pada mahasiswa baru. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the one group pretest and posttest with posttest follow up. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang mahasiswa baru. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Friedman Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa subjek penelitian memperoleh nilai p = 0,007 (p < 0,05), dimana terjadi penurunan nilai rataan dari 120,4 saat pretes menjadi 86,8 saat posttest , dan 74,6 saat posttest follow up, artinya terdapat pengaruh coloring mandala terhadap penurunan kecemasan akademik pada mahasiswa baru. Dengan demikian, coloring mandala dapat digunakan sebagai salah satu intervensi untuk membantu mahasiswa baru merasa lebih rileks dan tenang dalam mengatasi kecemasan akademik.
Kata kunci : Coloring Mandala, Kecemasan Akademik, Mahasiswa Baru