DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS BERMAIN VIDEO GAME DALAM MENURUNKAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Makassar
Author
Syuhalbani, Yudha Renaldi
Subject
PSIKOLOGI 
Datestamp
2018-08-29 06:57:59 
Abstract :
Mahasiswa memiliki banyak tuntutan, terutama tuntutan akademik sehingga mengakibatkan munculnya rasa cemas, tapi mereka kadang tidak mampu mengatasi rasa cemasnya. Video game menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi kecemasan akademik pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bermain video game dalam menurunkan kecemasan akademik pada mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 10 orang mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen one-group pretest-posttest design. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecemasan Akademik dengan reliabilitas Cronbach?s Alpha sebesar 0,798. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain video game efektif dalam menurunkan kecemasan akademik, mean pre-test= 23,8 dan mean post-test= 22,4,p= 0,045 (p <0,05). Bermain video games, khususnya Feeding Frenzy 2 selama kurang lebih 30 menit dapat menurunkan kecemasan akademik. Kata kunci: kecemasan akademik, video game, mahasiswa 

Institution Info

Universitas Negeri Makassar