DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Makassar
Author
Munti’ah
Subject
MATEMATIKA 
Datestamp
2018-08-03 00:56:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya kognitif dan kemampuan awal . Subjek penelitian ini sebanyak 12 orang yang terbagi atas 2 siswa dengan kategori FI tinggi, 2 siswa dengan kategori FI sedang, 2 siswa dengan kategori FI rendah, 2 siswa dengan kategori FD tinggi, 2 siswa dengan kategori FD sedang, 2 siswa dengan kategori FD rendah. Instrumen penelitian meliputi tes Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan awal, tes diagnostik, dan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi kesulitan FIST, FISS, FISR, FDST, FDSS, dan FDSR dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV adalah a) memahami masalah, pada tahapan ini FIST, FISS, FISR, FDST, FDSS, dan FDSR, mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan b) merencanakan penyelesaian, pada tahapan ini FISS, FISR, FDST, FDSS, dan FDSR subjek mengalami kesulitan dalam membuat model matematika, penyebabnya adalah subjek belum memahami konsep dari soal yang diberikan. c) menyelesaikan masalah, FIST mengalami kesulitan dalam menyelesaikan model matematika ke dalam bentuk grafik. Penyebabnya subjek belum mampu memahami bagaimana caranya menggambar grafik. FISS, FISR, FDST, FDSS, dan FDSR, pada tahap ini subjek kesulitan dalam metode eliminasi, subtitusi dan grafik, penyebabnya adalah subjek belum memahami mengubah soal cerita ke dalam model matematika. d) mengecek kembali, pada tahapan ini, FIST, FISS, FISR, FDST, FDSS, dan FDSR mengalami kesulitan dalam memeriksa/meninjau kembali. Subjek tidak menuliskan pengecekan kembali pada jawaban. Penyebabnya subjek belum memahami langkah pada merencanakan masalah dan meyelesaikan masalah. 

Institution Info

Universitas Negeri Makassar