DETAIL DOCUMENT
Peningkatan Kretivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pembelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Di SMA Negeri 8 Bone
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Makassar
Author
Humaerawati
Subject
Pendidikan Kewarganegaraan PPKn 
Datestamp
2018-08-03 06:29:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana cara pendekatan guru dan siswa dalam model pembelajaran portofolio melalui proses pembelajaran pedidikan kewarganegaraan (2) Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh gurudalam penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 8 Bone. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan menggunakan Metode Survei dengan objek penelitian siswa SMA Negeri 8 Bone, dengan populasi sebanyak 237 siswa dengan menggunakan random sampling untuk menentukan smpel kelas yaitu kelas X MIPA 4 dengan 36 responden. Semua data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 8 Bone, ini terlihat dari keterampilan, berpikir lancar, keterampilan berpikir luwas (Fleksibel), keterampilan berpikir rasional, keterampilan memperinci atau mengelaborasi, keterampilan menilai, rasa ingin tahu, imajinatif,merasa tertantang, sifat berani mengambil resiko, dan sifat menghargai siswa, pada umumnya terdapat pada setiap tindakan siswa dalam proses pembelajaran model portofolio berlangsung. Dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada pembelajaran Kewarganegaraan antara lain keterbatasan waktu, minimnya biaya serta keterbatasan tenaga siswa dan pengajar . 

Institution Info

Universitas Negeri Makassar