DETAIL DOCUMENT
Perencanaan strategi pemasaran pada PR. Edy Putro Malang dengan metode analisis SWOT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Junius, Johan
Subject
 
Datestamp
2022-02-17 04:30:22 
Abstract :
Di era persaingan global yang semakin ketat saat ini, menuntut setiap perusahaan untuk dapat mengikuti perubahan di bidang pemasaran sesuai dengan kondisi pasar. Dalam menjalankan kegiatan operasional suatu perusahaan, maka hal yang paling mendasar untuk diperhatikan adalah analisis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan juga analisis lingkungan eksternal (peluang dan ancaman). Apabila sudah menganalisis lingkungan ini maka pengambilan strategi akan lebih mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini manajemen PR. Edy Putro Malang dapat menciptakan kebijakan-kebijakan yang dapat menunjang kelancaran usaha terutama dalam pengambilan keputusan strategisnya. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa berdasarkan grafik analisa SWOT diperoleh koordinat 0,0065 ; - 0,0295 dengan demikian dapat diketahui bahwa PR. Edy Putro Malang berada pada kuadran II, yaitu Strategi Diversifikasi. Pada kuadran dua ini meskipun perusahaan menghadapi berbagai ancaman yang terjadi, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Perusahaan tersebut harus menyadari bahwa perusahaan tersebut memiliki kekuatan yang besar. Jadi perusahaan itu harus berani menghadapi dan menyelesaikan ancaman yang ada.. Setelah melihat posisi PR. Edy Putro Malang maka dapat disimpulkan alternatif strategi yang tepat adalah strategi ST, yang berarti strategi yang dibuat berdasarkan kemampuan perusahaan untuk menggunakan kekuatan internal dalam mengatasi ancaman eksternal. Dalam PR. Edy Putro Malang untuk memanfaatkan strategi ST ini harus berusaha (1) Mengembangkan produk rokok yang baru, (2) Meningkatkan hubungan baik dengan pemasok cengkeh dan tembakau, (3) Selalu memperhatikan perubahan selera dan kebutuhan pelanggan. 

Institution Info

Universitas Merdeka Malang