Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Asmoro, Bramantyo Tri
Dwinugraha, Akbar Pandu
Faridah, Lilik
Subject
Datestamp
2023-02-21 02:39:28
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan memberikan rekomendasi
terkait peningkatan kompetensi tenaga pendidik apa yang diperlukan dalam menghadapi pembelajaran
di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian
kombinasi (Mixed Methods) yang bersifat eksploratori untuk mengungkap berbagai faktor terkait proses
kegiatan belajar yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Lingkup yang
dijadikan lokasi penelitian adalah instansi pendidikan mulai tingkat TK, SD sampai dengan SMP yang
tersebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan
metode purposive sampling menyeluruh berdasarkan kriteria inklusi. Responden meliputi guru, tenaga
kependidikan non guru, peserta didik SMP, maupun wali murid peserta didik TK dan SD di seluruh
kecamatan di Kabupaten Malang. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa kompetensi pendidik yang
dibutuhkan menyesuaikan persoalan yang diantaranya adalah ketidakmampuan siswa memahami materi
yang diberikan oleh guru, instruksi dari materi tersebut belum maksimal untuk dipahami oleh peserta
didik serta peserta didik merasa pembelajaran daring membosankan dan membuat anak jenuh meliputi
tutorial learner centered, tutorial work example, games education, metode sinkronus dan asinkronus yang
dapat membantu guru untuk mendukung kompetensi guru dalam aspek pedagogi, kepribadian, sosial
dan profesional di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang