DETAIL DOCUMENT
Pengaruh marketing mix terhadap penjualan pada Perusahaan Rokok “Lembang Jaya” Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Chalidah, Ulfanik
Subject
 
Datestamp
2021-07-13 03:30:34 
Abstract :
Seiring dengan kemajuan teknologi, persaingan yang sangat tinggi dan kebutuhan pasar yang semakin berbeda, maka dituntut setiap perusahaan memperhatikan kebijakan marketing mixnya agar selalu eksis dalam persaingan. Dalam hal ini penulis mengambil judul Pengaruh Marketing Mix Terhadap Penjualan Pada Perusahaan Rokok ?LEMBANG JAYA? Malang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel marketing mix yang terdiri dari produk, saluran distribusi, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan pada Perusahaan Rokok ?LEMBANG JAYA? Malang serta untuk mengetahui dari variabel mix yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi dan promosi berpengaruh dominan terhadap penjualan. Dalam penelitian di Perusahaan Rokok ?LEMBANG JAYA? Malang penulis menggunakan alat analisis statistik yaitu analisis regresi berganda program SPSS. Analisis regresi linear berganda berfungsi untuk mengetahui pengaruh variabel marketing mix terhadap penjualan yang akan diuji menggunakan uji F dan uji t. Uji F berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan, sedangkan uji t untuk mengetahui pengaruh signifikansi antara variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial. Dari hasil analisis uji F diketahui bahwa variabel marketing mix yang berupa produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Dari hasil analisis uji t diketahui bahwa secara parsial variabel marketing mix berupa produk, harga, saluran distribusi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Dalam penelitian ini variabel yang berpengaruh terhadap penjualan adalah saluran distribusi. Dari hasil analisis regresi diketahui bahwa potongan harga mempunyai pengaruh negatif terhadap penjualan, untuk itu sebaiknya perusahaan menetapkan kebijakan yang lebih tepat terhadap potongan harga agar dapat meningkatkan penjualan. 
Institution Info

Universitas Merdeka Malang