DETAIL DOCUMENT
Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan nasabah pengguna jasa bank pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Tulungagung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Anggraeni, Niken Rina
Subject
 
Datestamp
2021-07-14 05:25:24 
Abstract :
Semakin beragam sarana promosi yang tersedia semakin menuntut suatu bank untuk dapat memilih sarana yang benar-benar tepat. Tetapi bagaimana dan dimana periklanan dilaksanakan ternyata juga meminta suatu penanganan yang serius dari perbankan, sebab kadang?kadang promosi yang dilaksanakan belum tentu menunjukkan kenaikan seperti yang menjadi target bank karena pelaksanaan promosi yang kurang tepat. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka penulis berkesimpulan bahwa pelaksanaan promosi merupakan salah satu alat yang paling tepat dalam mencapai tujuan yaitu meningkatkan jumlah nasabah bank khususnya jumlah nasabah baik nasabah tabungan maupun kredit. Untuk itu penulis mengambil judul di dalam penyusunan skripsi yaitu: ?PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PENGGUNA JASA BANK PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG TULUNGAGUNG?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel bauran promosi yang terdiri dari periklanan, penjualan individu dan promosi secara bersama sama/simultan terhadap Keputusan Nasabah Pengguna Jasa Bank Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Tulungagung. 2) Untuk mengetahui variabel bauran promosi yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Nasabah Pengguna Jasa Bank Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Tulungagung. Dengan menggunakan analisis data kuantitatif regresi linier berganda dengan jumlah responden sebanyak 40 orang didapatkan hasil: Dari hasil analisis regresi diperoleh koefisien regresi yang bernilai positif yang berarti ada pengaruh positif antara variabel-variabel advertising, personal selling, dan sales promotion terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan jasa pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tulungagung. Hasil uji hipotesis I didapatkan nilai F hitung > F tabel sehingga H0 ditolak atau Ha diterima, jadi terbukti secara statisik bahwa ada pengaruh yang nyata antara variabel-variabel advertising, personal selling dan sales promotion secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan jasa pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tulungagung. Hasil uji hipotesis II dapat diketahui variabel bebas X1 (Advertising) mempunyai nilai koefisien regresi tertinggi sehingga hipotesis kedua yang menyatakan bahwa advertising mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan jasa pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tulungagung pembelian dapat diterima dan telah teruji secara statistik. Besarnya koefisien determinasi (R2) = 0,527 dan setelah disesuaikan menjadi adjust R square sebesar 0,488 menunjukkan bahwa advertising, personal selling dan sales promotion secara bersama-sama memberikan kontribusi/sumbangan sebesar 48,8% terhadap perubahan keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 41,2% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Merdeka Malang