DETAIL DOCUMENT
Pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan Bank Central Asia (BCA) Kanwil 7 Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Sarie, Poppi Maryance
Subject
 
Datestamp
2021-07-18 15:52:50 
Abstract :
Perkembangan perekonomian dewasa ini dalam menghadapi persaingan perdagangan era global telah bergulir. Hal ini dapat menjadi salah satu ukuran bahwa para pelaku bisnis nasional baik dari pemerintah maupun swasta harus menyiapkan diri dengan baik dalam menghadapi tantangan persaingan global tersebut. Sehingga pimpinan perusahaan selalu dituntut untuk berbuat secara profesional dan terorganisasi dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan. Handoko (1996 : 5) menyatakan bahwa : ?Berhasil tidaknya pencapaian usaha tersebut sangat bergantung daripada kualitas sumberdaya manusia dalam melaksanakan fungsi perusahaan seperti dalam bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun personalia. Agar penelitian mempunyai arah yang jelas, maka ditetapkan tujuan penelitian terdiri atas dua tujuan yaitu : Pertama untuk mengetahui sejauh mana pemberian gaji, pemberian tunjangan, kesempatan promosi dan pemberian penghargaan mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Bank Central Asia (BCA) KANWIL 7 MALANG. Kedua untuk mengetahui faktor apa yang dominan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan Bank Central Asia (BCA) KANWIL 7 MALANG. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil jawaban kuesioner, metode yang digunakan yaitu analisis Regresi Berganda dengan program Aplikasi SPSS 12.00 For Windows. Dari hasil analisis persamaan regresi linier berganda dapat diperoleh persamaan sebagai berikut : Y = 3,656 + 0,237X1 - 0,325X2 + 0,161 X3 +0,378X4 + e Dari hasil Uji F dapat disimpulkan bahwa Fhitung sebesar 11,677 > dari Ftabel 2,79 yang berarti bahwa taraf nyata ? = 0,05 pemberian gaji (X1), pemberian tunjangan (X2), kesempatan promosi (X3), dan pemberian penghargaan (X4) secara simultan/bersama-sama mempunyai pengaruh bermakna terhadap kepuasan kerja (Y) dapat diterima atau teruji pada taraf ? = 0,05. Untuk pengujian hipotesis 2 didapatkan hasil koefisien regresi yang ada ternyata variabel penghargaan (X4) koefisien regresinya paling besar yaitu 5,436 dibandingkan dengan nilai koefisien regresi dan nilai t hitung variabel bebas lainnya dan signifikan taraf nyata ? = 0,05 (r<0,05) maka hipotesis kedua tidak teruji. Nilai Adjust R Square sebesar 0,466 hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas (X1, X2, X3, dan X4) secara bersama-sama mempangaruhi variabel terikat Y (kepuasan kerja) sebesar 46,6 % dan sisanya sebesar 53, 4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Dari hasil perbandingan t-hitung dapat diketahui bahwa nilai t variabel X4 (penghargaan) paling besar 5,436 dibandingkan dengan nilai t?hitung variabel bebas lainnya dan signifikan pada taraf nyata ? = 0,05 (r <0,05). Nilai negatif pada pemberian tunjangan bukan pada nominal besarnya pemberian tunjangan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya, melainkan persepsi terhadap karyawan. 
Institution Info

Universitas Merdeka Malang