DETAIL DOCUMENT
Analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran pada PR. Karya Timur Prima Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Halimi, Ahmad
Subject
 
Datestamp
2021-07-20 15:41:44 
Abstract :
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi maka berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dapat diproses dan disediakan dalam jumlah yang cukup. Keadaan ini menimbulkan terciptanya persaingan antar perusahaan tidak dapat dihindari. Terutama antar perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa yang sejenis. Untuk itu perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam melakukan kegiatan perusahaan, agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Salah satu alat yang dapat digunakan untu menentukan strategi pemasaran adalah menggunakah analisis SWOT. Sehubungan dengan analisis SWOT tersebut, metode analisis yang digunakan adalah IFAS (internal factor strategy summery) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lingkungan internal perusahaan yang meliputi produk, harga, distribusi dan promosi. Sedangkan untuk lingkungan eksternal perusahaan menggunakan EFAS (external factor strategy summery) yang terdiri dari kondisi ekonomi, pemerintah, teknologi, sosial budaya dan pesaing. Dari IFAS dan EFAS tersebut dikembangkan menjadi maktrik IE (internal ? eksternal) untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Dan matriks IFAS dan EFAS ini dikembangkan lagi ke dalam matriks SWOT, hal ini dapat dijabarkan menjadi strategi SO (strategy opportunity) artinya pemantauan peluang untuk memperkuat kekuatan yang dimiliki perusahaan ST (strength threat) artinya kekuatan yang dimiliki untuk menghindari, ancaman, WO (weakness opportunity) artinya menambahkan peluang untuk mengurangi kelemahan yang ada. Dan terakhir adalah WT (weakness threat) artinya perlu mengurangi kelemahan yang ada untuk menghindari ancaman. Diagram SWOT dalam hal ini membantu memerlukan posisi perusahaan alternatif strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan. Dari hasil penganalisaan akan dapat diketahui strategi pemasaran apa saja yang dapat digunakan oleh perusahaan. Dan yang paling utama dalam pembahasan ini adalah analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran oleh PR. Karya Timur Prima Malang adalah dengan menggunakan strategi pertumbuhan internal melalui diversifikasi yaitu dengan melakukan pengembangan pasar pengembangan produk, dan pengembangan teknologi. 
Institution Info

Universitas Merdeka Malang