DETAIL DOCUMENT
Strategi promosi yang tepat guna meningkatkan volume penjualan pada Perusahaan Sumber Agung Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Siswanto, Adi Teguh
Subject
 
Datestamp
2021-09-06 04:41:58 
Abstract :
Dalam perkembangan dunia usaha dewasa ini terjadi pergeseran dari cara berusaha yang konvensional menuju ke arah suatu usaha yang makin modern dan lebih bersaing. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang didirikan melalui unit-unit usaha dalam perusahaan, semakin cenderung ke arah kompetisi persaingan yang tajam. Untuk itulah perusahaan harus mampu mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dengan selalu menganalisa kesempatan apa saja yang dapat dimanfaatkan dan juga harus bersiap sedia dalam menghadapi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi. Dalam hal ini analisis SWOT mempunyai peranan sangat penting di dalam membantu mengidentifikasi dan menganalisis terhadap peluang maupun ancaman di lingkungan eksternal perusahaan, serta kekuatan maupun kelemahan di dalam lingkungan internal perusahaan itu sendiri. Dari proses penganalisaan lingkungan lingkungan dan eksternal perusahaan maka akan dapat membantu perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang benar-benar tepat agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Strategi pemasaran merupakan strategi fundamental yang direncanakan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang telah dimiliki. Strategi pemasaran ini diharapkan akan dapat digunakan di dalam perusahaan Sumber Agung Malang. Sehubungan dengan penganalisaan lingkungan tersebut, metode analisis yang digunakan adalah IFAS (Internal Factor Strategy Summery) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lingkungan internal perusahaan, EFAS (External Factor Strategy Summery) yang digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman lingkungan eksternal perusahaan. Dari IFAS dan EFAS maka dikembangkan menjadi Matriks IE (Internal External) untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Dari matriks IFAS dan EFAS maka dikembangkan ke dalam matriks SWOT, hal ini dapat dijabarkan menjadi strategi SO (Strenght Opputunity) artinya pemanfaatan peluang untuk memperkuat kekuatan yang dimiliki perusahaan, ST (Strenght Oppurtunity) artinya kekuatan yang dimiliki untuk menghindari ancaman, WO (Weakness Oppurtunity) artinya memanfaatkan peluang untuk mengurangi kelemahan yang ada. Dan terakhir adalah WT (Weakness Threat) artinya perlu mengurangi kelemahan yang ada untuk menghindari adanya ancaman. Diagram SWOT dalam hal ini membantu menentukan posisi perusahaan dan alternatif strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan. Dan terakhir adalah matrik SPACE dimana alat ini digunakan untuk menguji konsistensi dari analisis SWOT, dan ternyata hasil yang didapat tidak ditemukan perbedaan yang begitu mencolok dari kedua alat analisis strategi tersebut. Dimana hasil dari dari matrik ditemukan bahwa sebaiknya Perusahaan Sumber Agung Malang sebaiknya menggunakan strategi kompetitif. Dan yang paling utama dalam pembahasan ini adalah analisis SWOT sebagai alat bantu dalam menentukan strategi Promosi yang dapat digunakan oleh Perusahaan Sumber Agung Malang adalah menggunakan strategi pertumbuhan Internal melalui diversifikasi konsentrik, yaitu dengan melakukan pengembangan pasar, pengembangan produk, dan penetrasi, pasar. 
Institution Info

Universitas Merdeka Malang