DETAIL DOCUMENT
Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen di Hotel Pelangi Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Fauzan, Fauzan
Subject
 
Datestamp
2021-10-22 03:18:34 
Abstract :
Pada umumnya setiap perusahaan yang bergerak dibidang industri maupun jasa mempunyai tujuan yang sama, yakni mengoptimalkan laba agar tetap hidup, berkembang dan mampu bersaing. Perhotelan merupakan usaha jasa yang dikelola secara komersil, yang sumber utama pendapatannya berasal dari penjualan kamar sebagai tempat menginap para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendiskripsikan gambaran bauran pemasaran jasa dan kepuasan konsumen di Hotel Pelangi Malang, untuk menganalisis bauran pemasaran jasa yang terdiri: produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan layanan pelanggan terhadap kepuasan konsumen di Hotel Pelangi Malang. Selain itu juga untuk menganalisis pengaruh yang dominan diantara bauran pemasaran jasa yang terdiri dari, produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan layanan pelanggan terhadap kepuasan konsumen di Hotel Pelangi Malang. Adapun teknik analisis data yang penulis gunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Uji F dan Analisis Uji t, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengujian terhadap hipotesis, dengan menggunakan bantuan program SPSS. Dari hasil analisis data telah diketahui terdapat pengaruh antara variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) layanan pelanggan (X7) terhadap kepuasan konsumen (Y), yaitu ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 0.006 + 0.063 X1 + 0.087 X2 + 0.287 X3 - 0.116 X4 + 0.079 X5 + 0.096 X6 + 0.379 X7 + e. Maka dapat ditentukan bahwa faktor yang lebih dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen adalah layanan pelanggan, karena nilai koefisien regresi layanan pelanggan sebesar 0,454 > nilai koefisien regresi tempat sebesar 0.402. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai R = 0.817 hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama terdapat hubungan yang kuat dan positif (searah) antara variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) layanan pelanggan (X7) terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.668, berdasarkan nilai R Square tersebut dapat diketahui bahwa seluruh variabel bebas mampu memberikan kontribusi terhadap variabel terikat sebesar 66.8%, sedangkan variabel bebas lain yang tidak termasuk dalam model penelitian regresi ini memberikan kontribusi terhadap variabel terikat sebesar 33.2%. Hasil pengujian statistik menunjukkan nilai Fhitung sebesar 6.310, sedangkan nilai Ftabel sebesar 2.47. Jadi menunjukkan bahwa seluruh variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), layanan pelanggan (X7) dalam model regresi secara berasama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen (Y). Hasil analisis uji t untuk xiii variabel bebas dapat diketahui bahwa diantara tujuh variabel bebas yang diuji yaitu variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, layanan pelanggan, ternyata terdapat terdapat dua variabel bebas yang memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen pada taraf ? = 0,05. Kedua variabel bebas tersebut adalah variabel tempat (X3) sebesar 3.171 dan variabel layanan pelanggan (X7) sebesar 3.333. Sedangkan variabel bebas yang lain yaitu produk, harga, promosi, orang, proses tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. 
Institution Info

Universitas Merdeka Malang