DETAIL DOCUMENT
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian rumah pada PT. Bukit Dieng Permai Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Malang
Author
Hendrik, Hendrik
Subject
 
Datestamp
2021-10-29 02:18:32 
Abstract :
Sesuai dengan masalah pokoknya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memutuskan untuk melakukan keputusan pembelian rumah pada PT. Bukit Dieng Permai Malang. Dan dari faktor- faktor yang ada tersebut, kemudian dicari faktor yang berpengaruh paling signifikan atau nyata terhadap perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian rumah pada PT. Bukit Dieng Permai Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau penghuni PT. Bukit Dieng Permai Malang. Dalam hal ini peneliti mengambil sampel sebanyak 30 orang. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa laporan historis perusahaan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Peneliti dalam menguji penelitiannya menggunakan Uji T (T-test) dan Uji F (F?test), dan Analisis Regresi Berganda. Dari hasil pengujian dengan menggunakan Uji F, maka diperoleh bahwa Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi, dan Psikologis secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya Fhitung > Ftabel, yakni 212,909 .> 2,76. Sedangkan secara parsial, melalui Uji t ( t-test ) juga diperoleh bahwa keempat faktor yang ada tersebut berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya thitung > ttabel, yaitu masing-masing kebudayaan (X1) 2,677 > 2,060 ; sosial (X2) 2,213 > 2,060 ; pribadi (X3) 2,885 > 2,060 : dan juga psikologis (X4) 2,158 > 2,060. Dan juga dari hasil analisis regresi linier berganda didapat bahwa faktor pribadi merupakan faktor yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai koefisien regresi sebesar 0,352 atau 35,2 %, jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat dibuktikan kebenarannya secara nyata melalui data statistik. 
Institution Info

Universitas Merdeka Malang