Institusion
Universitas Pakuan
Author
Ramdani, Dinar
Hartini, Sri
Andria, Fredi
Subject
Manajemen sumber daya manusia
Datestamp
2022-08-26 13:32:46
Abstract :
Dinar Ramdani, NPM 021114455. Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen
Pada Bisnis Kuliner Toge Tauco Ibu Yayat Sukabumi, Ketua Pembimbing Hj.Sri Hartini dan
Komisi Pembimbing Fredi Andria.
Setiap organisasi memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu
mengembangkan dan meningkatkan perusahaan dari pesaing, untuk itu dibutuhkan kualitas
produk yang baik dan dapat memenuhi kepuasan konsumen, salah satunya dengan cara
mengevaluasi dan menganalilis seberapa kuat kualitas produk yang dihasilkan dan menguji
apakah kualitas produknya sudah siap bersaing dengan perusahaan lain dan apakah kualitas
produknya sudah memuaskan konsumen atau belum. Kepuasan konsumen sangat berpengaruh
terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, dengan puasnya konsumen terhadap suatu
produk maka diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadi pelanggan yang loyal.
Upaya meningkatkan kualitas produk harus terus dilakukan agar memberikan kepuasan
terhadap konsumen karena terdapat sebuah hubungan yang erat antara kualitas produk dengan
kepuasan konsumen. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untuk
mengetahui bagaimana kualitas produk Toge Tauco Sukabumi (2) Untuk mengetahui
bagaimana kepuasan konsumen Toge Tauco Sukabumi (3) Untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada bisnis kuliner Toge Tauco
Sukabumi yang beralamat Jalan masjid gunung parang Sukabumi.
Penelitian ini dilakukan pada kedai Toge Tauco pada periode 2018-2020 sebagai
sampel, kemudian penelitian mengenai hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen
ini menggunakan data primer dan data sekunder, metode yang digunakan kuesioner, wawacara
dan observasi kepada konsumen sebagai responden sebanyak 100 orang, sampel dipilih
dengan menggunakan rumus slovin non probabilitas dengan dengan teknik insidental sempling
dimana hanya orang yang secara kebetulan ditemui untuk dijadikan sampel. Data diuji dengan
SPSS versi 23 dengan berbagai rangkaian metode analisis yang digunakan pada penelitian ini
yaitu analisis rank spearman, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis deskriptif maka dapat diketahui bahwa
tanggapan responden variabel kualitas produk memiliki rata-rata sebesar 73,3 %, dimana rata?rata tersebut berada pada interpal (60% -79%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas
produk pada Toge Tauco Sukabumi baik, kemudian hasil analisis tanggapan responden
variabel kepuasan konsumen memiliki rata-rata sebesar 79,1%, dimana rata-rata tersebut
berada pada interpal (60% -79%) sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen puas terhadap
Toge Tauco Sukabumi, selanjutnya analisis rank spearmen yang telah diuji dengan
menggunakan SPSS versi 23 dapat diperoleh nilai sebesar r = 0,667 artinya hubungan kualitas
produk dengan kepuasan konsumen pada bisnis kuliner Toge Tauco Sukabumi memilki
hubungan yang kuat, dengan koefisien determinasi sebesar 44,48% yang menunjukan
besarnya kontribusi variabel kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Diperoleh hasil uji
hipotesis koefisien korelas yaitu zhitung ? ztabel dengan nilai 6,73 ? 1,96 yang artinya Ha diterima
dan Ho ditolak, dengan demikian tedapar hubungan positif antara kualitas produk (X) dengan
kepuasan konsumen (Y).
Kata Kunci : Kualitas Poduk, Kepuasan Konsumen, hubungan antara keduanya