Institusion
Universitas Pakuan
Author
Octaviani, Khasanah
Zaini, Oktori Kiswati
Wihartika, Doni
Subject
Manajemen pemasaran
Datestamp
2022-08-26 13:32:52
Abstract :
KHASANAH OCTAVIANI. NPM 021116119. Hubungan Kualitas Produk Dengan
Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Lipstik Pixy Di Kota Bogor). Skrispsi
Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan.
Di bawah Bimbingan Ketua Komisi Pembimbing OKTORI KISWATI ZAINI dan Anggota
Komisi Pembimbing DONI WIHARTIKA. Tahun 2021.
Kosmetik merupakan benda yang terpenting terutama bagi kaum wanita, yang dimana
kosmetik ini dapat memberikan sebuah dampak positif pada diri seseorang yaitu memberikan
dampak dalam meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Tetapi meskipun demikian wanita
selalu tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik maupun perawatan kecantikan yang
merupakan sebagian dari kehidupan wanita, karena kosmetik wanita merasa lebih sempurna
dengan penampilannya. Kebutuhan akan kosmetik yang semakin meningkat terlebih lagi bagi
segmen remaja, ini merupakan segmen yang menarik dan menguntungkan. Hal ini
mengakibatkan banyak perusahaan-perusahaan mulai memasuki industri kosmetik. Banyak
sekali produk kosmetik yang digunakan oleh konsumen salah satunya adalah lipstik. Lipstik
merupakah salah satu produk kosmetik kecantikan yang paling sering digunakan dalam
kegiatan sehari-hari agar terlihat cantik. Hal ini membuat banyak perusahaan yang berinovasi
dan mengeluarkan berbagai jenis lipstik dan warna lipstik untuk memikah hati konsumen agar
dapat membeli produknya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan metode
explanatory survey. Berdasarkan jenis penelitian yang dimaksud, dilakukan analisis uji
hipotesis penelitian melalui teknik analisis statistika yang relevan (kuantitatif). analisis berupa
individual (perorangan), yaitu sumber yang diperoleh dari respon setiap individu. Individu
yang dimaksud disini adalah konsumen produk lipstik Pixy. Metode analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan koefisien korelasi rank spearman.
Pada penelitian ini diperoleh bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas
produk dengan keputusan pembelian lipstick Pixy dengan keeratan hubungan berada pada
kategorisangat kuat.,saran yang diberikan kepada produsen merek Pixy yaitu untuk senantiasa
menjaga kualitas produk Pixy dengan mengetahui keinganan dan kebutuhan konsumen lebih
baik lagi, serta untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan
lokasi penelitian yang berebda dengan penelitian ini seperti menggunakan lokasi penelitian
pada merek Lipstik lain
Kata Kunci : Kualitas Produk, Keputusan Pembelian