DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 -2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pakuan
Author
Monika, Cittra
Gursida, Hari
Mulyaningsih, May
Subject
Akuntansi keuangan 
Datestamp
2022-08-27 01:46:40 
Abstract :
Cittra Monika. 022116150. Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 -2018. Dibawah Bimbingan Hari Gursida dan May Mulyaningsih. 2019. Manajemen laba sebagai pilihan manajer dalam menentukan metode akuntansi yang diperbolehkan untuk memodifikasi laba agar menampilkan kinerja yang lebih baik dari kondisi yang sebenarnya. Praktik manajemen laba bisa dilakukan melalui leverage, dimana leverage dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk melihat perilaku manajer dalam aktivitas manajemen laba. Ukuran perusahaan digunakan dalam manajemen laba karena perusahaan yang besar cenderung akan memerlukan dana yang lebih besar dibanding perusahaan kecil, sehingga memotivasi manajer untuk melakukan manajemen laba agar pelaporan laba yang tinggi dapat menarik investor dan kreditur untuk menanamkan dananya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2018. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 12 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan bantuan program IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 25. Beberapa pengujian dilakukan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), Uji Hipotesis (uji t, uji F dan uji R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil variabel leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hasil pengujian secara simultan dengan uji F yaitu leverage dan ukuran perusahaan secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018. Kata kunci: Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Manajemen Laba. 
Institution Info

Universitas Pakuan