Abstract :
Risna Herlista. 022116275. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas terhadap Nilai
Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Plastik dan Kemasan yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia Periode 2014-2019. Dibawah bimbingan Buntoro Heri Prasetya dan Asep Alipudin. 2020.
Perusahaan berupaya untuk memaksimalkan nilai perusahaan untuk menarik calon investor
berinvestasi. Nilai perusahaan merupakan harga yang dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan
akan di jual. Nilai perusahaan tercermin dari harga saham yang stabil, yang dalam jangka panjang
mengalami kenaikan, semakin tinggi harga saham maka semakin tinggi pula nilai perusahaan dimana
pemilik perusahaan menginginkan nilai perusahaan yang tinggi juga.Nilai perusahaan dipengaruhi
oleh beberapa faktor seperti pertumbuhan penjualan dan profitabilitas yang merupakan variabel
independen yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui
pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor plastik dan
kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. (2) mengetahui pengaruh
profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. (3) mengetahui pertumbuhan penjualan dan
profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia Periode 2014-2019. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 3
perusahaan.Sampel dipilih menggunakan metode purposive samping. Jenis penelitian yang
digunakan adalah verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Metode pengolahan dan
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, uji regresi linier
berganda dan uji hipotesis. Data di uji menggunakan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pertumbuhan penjualan dengan variabel sales
growth berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dengan variabel price book value dan hasil
pengolahan data menunjukkan nilai signifikansi sales growth sebesar 0,811dan nilai - ttabel > - thitung
yaitu-1,75305>-0,244 yang berarti H1 ditolak, sedangkan profitabilitas dengan variabel return on
assets berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan nilai signifikansi return on
assets sebesar 0,653dengan nilai -ttabel>-thitung yaitu -1,75305 >thitung-0,459 yang berarti H2 ditolak.
Hasil penelitian secara simultan mengungkapkan bahwa pertumbuhan penjualan dan profitabilitas
tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan ditunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,865yang berarti > dari 0,05 dan nilai Fhitung