Institusion
Universitas Pakuan
Author
Sabilla, Nadya Siti
Hardiyanto, Arief Tri
Octavianty, Ellyn
Subject
Akuntansi keuangan
Datestamp
2022-08-27 01:50:31
Abstract :
Nadya Siti Sabilla. 0221 16 106. Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur
Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Pembimbing: Dr. Arief Tri Hardiyanto, Ak.,MBA.,CMA.,CCSA.,CA.,CSEP.,QIA.
dan Ellyn Octavianty, S.E., M.M.2020.
Tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR merupakan sebuah gagasan
yang menjadikan perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang
berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang
direfleksikan dalam kondisi keuangannya (financial) saja. Tujuan dari penelitian ini
adalah menguji profitabilitas dan leverage secara parsial terhadap pengungkapan
corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur sektor industri
dasar dan kimia yang terdaftar di BEI, dan menguji pengaruh profitabilitas dan
leverage secara simultan terhadap pengungkapan corporate social responsibility
(CSR) pada perusahaan manufaktur sektor industry dasar dan kimia yang terdaftardi
BEI.
Penelitian mengenai profitabilitas, leverage dan pengungkapan corporate
social responsibility (CSR) yang dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan
manufaktur sektor industri dasar dan kimia menggunakan data sekunder dengan
metode penarikan sampel berupa purposive sampling. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan
menggunakan eviews 9.
Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap
pengungkapan corporate social responsibility (CSR), hal ini terjadi karena semakin
meningkatnya profit suatu perusahaan, maka cadangan dana untuk melakukan
aktivitas pengungkapan CSR akan semakin besar, hal tersebut karena biaya untuk
pelaksanaan pengungkapan CSR sudah tersedia. Leverage tidak berpengaruh
terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR), hal ini disebabkan
karena karena jika perusahaan memiliki leverage yang tinggi memungkinkan
perusahaan melakukan kebijakan terhadap utang yang dimilikinya, dimana
perusahaan yang memiliki leverage yang tinggi akan berfokus terhadap pembayaran
bunganya sehingga perusahaan akan mengurangi biaya-biaya termasuk biaya untuk
mengungkapkan informasi sosial atau corporate social responsibility. Secara
simultan profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan
corporate social responsibility (CSR).
Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage dan Pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR)