Institusion
Universitas Pakuan
Author
Saputra, Tesar Dwi
Windiyani, Tustiyana
Anjaswuri, Fitri
Subject
Datestamp
2022-08-26 13:27:07
Abstract :
ABSTRAK
Tesar Dwi Saputra. 037117092. Analisis Kesulitan Belajar Daring Pada
Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Kelas V. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini
dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus.Tujuan
dalam penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar daring pada
pembelajaran matematika materi bilangan pecahan. Subjek dalam
penelitian ini merupakan tiga siswa kelas tinggi yakni kelas VD Sekolah
Dasar Negeri Kebon Pedes 1 Kota Bogor. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi, wawancara
dan juga pengumpulan data dan dokumentasi untuk menunjang penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga siswa tersebut kesulitan belajar
daring pada pembelajaran matematika materi pecahan. Adapun faktor
internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar daring seperti
rasa malas dan bosan mengikuti pembelajaran daring, kurangnya
semangat dan motivasi dalam diri siswa. Selain itu, kendala dalam hal
jaringan internet, paket kouta yang cepat habis, tidak adanya fasilitas yang
menunjang seperti handphone, laptop. Lalu, keadaan lingkungan rumah
kurang kondusif, peran orang tua serta keadaan ekonomi saat pandemi ini.
Kendala belajar daring inilah yang mempengaruhi siswa sehingga sulit
mengikuti pembelajaran matematika pada materi pecahan. Siswa sulit
paham dalam konsep hitung pecahan, pecahan desimal, persen dan
campuran serta soal cerita. Meskipun peran guru sudah maksimal seperti
melakukan visit home untuk bertemu siswa langsung, memberikan
pembelajaran yang ekstra, melakukan bimbingan kepada orang tua. Akan
tetapi tetap saja harus adanya kerja sama antara orang tua, guru kelas,
sekolah dan lembaga pendidikan agar dapat mengurangi kendala belajar
daring saat pandemi ini.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Matematika